Vietnam Tantang Singapura di Semifinal

Sumber :

VIVAnews - Vietnam dipastikan akan menjadi lawan Singapura di semifinal Piala AFF 2008. Vietnam melaju setelah menaklukkan Laos 4-0, Rabu malam, 10 Desember 2008.

Dengan hasil ini, Vietnam menjadi runner up Grup B dengan nilai enam. Vietnam lolos bersama juara grup, Thailand, yang mengemas poin sempurna, sembilan.

Dengan sistem silang, maka juara Grup A sekaligus juara bertahan, Singapura, akan bersua runner up Grup B, Vietnam, di semifinal dengan sistem home and away. Vietnam akan menjadi tuan rumah leg 1, Rabu, 17 Desember 2008. Giliran Singapura jadi tuan rumah pada 21 Desember 2008.

Semifinal lainnya mempertemukan juara Grup B, Thailand, dengan runner up Grup A, Indonesia. Semifinal leg 1 akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Desember 2008. Leg 2 giliran Thailand menjadi tuan rumah, 20 Desember 2008.

Vietnam vs Laos

Vietnam mendominasi jalannya pertandingan lawan Laos. Tapi, sesekali Laos masih mencuri kesempatan melakukan serangan balik.

Vietnam membuka gol lewat Nguyen Viet Thang pada menit 48. Disusul Pham Luong menit 63, lalu  Huynh Thanh menit 66 dan ditutup gol Phan Thanh Binh menit 81.      

Dengan hasil ini, Vietnam mempertahankan tradisi lolos ke semifinal. Negeri Paman Ho itu selalu lolos ke semifinal Piala AFF atau yang dulu dikenal dengan Piala Tiger itu sejak kali pertama digelar pada 1996.