FIFA Bekukan Federasi Sepakbola Bosnia

Markas FIFA di Zurich
Sumber :
  • guardian

VIVAnews - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) membekukan federasi sepakbola Bosnia-Herzegovina, Jumat, 1 April 2011. Langkah tegas ini diambil setelah Kongres Federasi Sepakbola Bosnia (FFBH) tidak mengadopsi statuta FIFA sesuai dengan instruksi FIFA dan EUFA.

Pengumumkan ini disampaikan lewat situs resmi FIFA, Jumat, 1 April 2011. Dalam rilisnya, FIFA mengatakan kalau pihaknya dan UEFA telah meminta agar FFBH mengadopsi Statuta FIFA paling lambat 31 Maret 2011. Bila gagal FFBH secara otomatis mendapat sanksi dari FIFA.

Kongres FFBH digelar di Sarajevo, Rabu, 29 Maret 2011. Forum melalui voting tidak menyetujui adanya amandemen terhadap Statuta FFBH. Dari 54 delegasi yang hadir, hanya 22 yang setuju untuk mengubah statuta lama.

Akibatnya, FFBH pun kehilangan hak keanggotannya di FIFA hingga pemberitahuan selanjutnya. FFBH dan klub-klub yang di bawahnya juga tidak diperbolehkan untuk mengikuti seluruh even internasional yang berada di bawah FIFA hingga masalah ini bisa terselesaikan.

FIFA juga melarang seluruh perwakilan FFBH untuk berpartisipasi di even internasional apapun yang berada di bawah kendali FIFA. FIFA dan UEFA juga mengaku sangat menyesal telah mengeluarkan keputusan ini dan berniat untuk segera bertemu dan mencari pemecahannya. (SJ)