Babak 1, Argentina Imbangi 10 Pemain Uruguay

Lionel Messi (tengah) dikepung pemain Uruguay
Sumber :
  • AP Photo/Juan Bragio

VIVAnews - Argentina untuk sementara bermain imbang 1-1 dengan Uruguay di babak pertama perempat final Copa America, Sabtu 16 Juli 2011 (Minggu pagi WIB). Pertandingan di Estadio Brigadier General Estanislao López, Santa Fe, ini berjalan keras dengan tiga kartu kuning dan satu kartu merah.

Uruguay mencetak gol lebih dulu di menit keenam lewat Diego Perez. Sedangkan gol balasan Argentina sebagai tuan rumah dicetak Gonzalo Higuain di menit 18.

Pertandingan mulai berjalan dalam tempo cepat saat Tim Tango ketinggalan satu gol. Namun, serangan yang dibangun Lionel Messi berkali-kali hanya membentur tembok pertahanan Uruguay yang digalang Diego Lugano.

Menit 18, usaha Messi akhirnya terbayar lewat kerjasama apik dengan Gonzalo Higuain. Messi melepaskan umpan dari sisi kiri pertahanan Uruguay dan disambut tandukan Higuain yang lepas dari jebakan off side. Gol itu membuat skor imbang 1-1.

Gol penyeimbang membuat Tim Tango makin bernafsu menambah koleksi golnya. Messi menjadi kreator utama serangan tuan rumah dan salah satunya terjadi di menit 22 saat pemain Barcelona ini menusuk pertahanan Uruguay sendirian. Namun, usaha itu bisa dipatahkan barisan defender Uruguay dan hanya berbuah sepak pojok.

Menit 31, Argentina berhasil menambah satu gol lagi setelah tendangan bebas Messi bisa kembali disundul Higuain. Namun, wasit menganulirnya karena Higuain sudah lebih dulu terjebak off side.

Hanya berselang tiga menit, gantian Uruguay yang mendapat hadiah tendangan bebas. Diego Forlan yang melepaskan tembakan bisa meluncurkan bola hingga memantul di mistar gawang. Bola pantulan membuat kemelut di depan gawang Argentina yang berakhir dengan satu gol bersarang lewat tendangan Jose Martin Caceres. Namun, wasit kembali menganulir gol itu karena sudah lebih dulu terjebak off side.

Masuk menit 38, Argentina meraih keuntungan jumlah pemain ketika Diego Perez, pencipta gol pertama Uruguay, diusir wasit karena mendapat dua kartu kuning. Meski demikian, kelebihan satu pemain tidak membuat Argentina bisa menambah pembendaharaan gol. Hingga turun minum, skor imbang tetap 1-1 untuk kedua tim

Line Up Kedua Tim
Argentina: Diego Lugano; P. Zabaleta, N. Burdisso, G. Milito, G. Milito; F. Gago, J. Mascherano, S. Aguero, Á. Di María; L.Messi, G. Higuaín.

Uruguay:Muslera; M. Pereira, D. Lugano, M. Victorino (Andres Scotti'20), M. Cáceres; D. Pérez (KM), E. Arévalo, Á. González, Á. Pereira; D. Forlán, L. Suarez.