Capello: Inggris Punya 'Baresi' Baru

Phil Jones (kiri) berebut bola dengan Stevan Jovetic
Sumber :
  • REUTERS/Stevo Vasiljevic

VIVAnews - Manajer Tim Nasional Inggris, Fabio Capello, mengaku bahagia karena kini timnya memiliki 'Franco Baresi' baru. Pemain yang dimaksud Capello adalah bek berbakat Manchester United, Phil Jones.

Baresi adalah legenda abadi AC Milan. Sepanjang kariernya, Baresi dikenal sebagai pemain serba bisa yang telah memenangkan 6 scudetto, 3 gelar Liga Champions, serta menjuarai Piala Dunia 1982 bersama Timnas Italia.

Kini, menurut Capello, Tiga Singa telah memiliki pemain yang memiliki bakat murni seperti Baresi, yaitu Phil Jones. "Sulit untuk menemukan pemain seperti Phil Jones. Dalam karier saya, saya mungkin hanya menemukan dua pemain seperti dia," kata Capello seperti dilansir Mirror Football.

"Saya berbicara tentang Franco Baresi di Milan dan Fernando Hierro di Real Madrid. Mereka pemain hebat yang bisa bermain sebagai gelandang, tetapi juga sebagai bek tengah. Phil bisa bermain di posisi yang berbeda, tetapi ia selalu berada di level atas. Ini menunjukkan apa yang ia punya. Ia memiliki bakat bagus."

Jones baru 3 kali dipanggil Capello ke Timnas Inggris. Meski demikian, Jones mampu tampil impresif dan ini membuat Capello puas. Saat debutnya melawan Montenegro bulan lalu, Jones ditempatkan sebagai bek kanan. Ia kemudian digeser menjadi gelandang bertahan saat Inggris bentrok dengan Spanyol dan Swedia.

"Yang begitu bagus darinya dan yang membuat dia berbakat adalah ketika ia menerima bola, ia selalu bermain tanpa rasa takut," puji Capello.

"Dia memberikan umpan bagus dan membuat solusi pada setiap waktu. Saya tahu sesuatu tentang sepakbola dan solusi yang ia pilih setiap kali menerima bola selalu yang terbaik. Ini adalah bakat nyata."

"Melihat dia bermain di depan empat bek melawan Swedia benar-benar penting bagi saya. Sebab, jika seandainya Scott Parker tidak bugar, saya sudah punya solusi," tuntas Capello.