Cruyff Bahagia Barca Kalah

Sumber :

VIVAnews - Legenda sepakbola Belanda, Johan Cruyff, mengaku bahagia bekas klubnya Barcelona menelan kekalahan dari Espanyol di La Liga. Cruyff berharap kekalahan itu menjadi pelajaran buat skuad Pep Guardiola.

Ungkapan Cruyff di sebuah kolom El Periodico de Catalunya, Selasa, 24 Februari 2009 ini, memang mempunyai maksud baik. Ia berharap kekalahan 2-1 itu dapat menyadarkan Lionel Messi cs supaya tak terlalu jumawa dengan hasil yang mereka capai selama ini.

“Di satu sisi saya bahagia dengan kekalahan Barcelona dari Espanyol. Ini sempurna karena akan memberikan peringatan kepada pemain untuk tidak melonggarkan pertahanan mereka," ujar Cruyff.

Selain itu, Cruyff juga mengaku senang kekalahan yang diderita Blaugrana datang di saat yang tepat. Pasalnya, kini Barcelona masih unggul tujuh poin dari pesaing terdekatnya Real Madrid.

“Kekalahan di pekan 24 bukan sebuah kehancuran. Semakin banyak kemenangan semakin dekat dengan kekalahan," tambah Cruyff.

Namun, Cruyff juga mempunyai analisis atas kekalahan bekas klubnya itu. Menurutnya, kekalahan yang diterima Leo Messi cs juga disebabkan buruknya kepemimpinan wasit Delgado Ferreiro dan kiper Barca, Victor Valdez.

“Kesalahan dari wasit Delgado Ferreiro dan kiper Victor Valdes harus kami bayar. Tapi, kami juga kalah karena tim tidak tahu bagaimana Espanyol memainkan anti-football," jelasnya.

Ya, kritikan Cruyff memang ada benarnya. Barcelona memang tak boleh terlalu jumawa dan harus tetap fokus di setiap laga.

Kini, ujian Barca akan terhampar di kandang Olympique Lyon, Stade Gerland, dini hari nanti. Barcelona akan mencoba melewati hadangan Les Gones di babak 16 besar Liga Champions.