Gara-gara Kaus, Guardiola Terancam Sanksi UEFA

Pelatih Bayern Munich, Pep Guardiola
Sumber :
  • Daily Mail
VIVA.co.id - Pelatih Bayern Munich, Pep Guardiola, terancam sanksi dari otoritas tertinggi sepakbola Eropa, UEFA. Guardiola dinilai telah melakukan tindakan provokatif dengan menggunakan kaus yang bertuliskan #JusticiaParaTopo di konferensi pers usai laga leg 2 Bayern Munich versus FC Porto, Selasa 21 April 2015 atau Rabu dini hari WIB.

#JusticiaParaTopo adalah sebuah gerakan yang mendesak pihak kepolisian untuk menginvestigasi kematian jurnalis Argentina, Jorge Lopez. Apakah masih ingat dengan sosok Lopez?

Lopez adalah seorang jurnalis yang tewas dalam sebuah tabrakan saat sedang meliput Piala Dunia di Sao Paulo, Brasil, Juli 2014 lalu. Taksi yang ditumpangi Topo --sapaan akrab Lopez-- dihantam dengan menggunakan mobil curian.


Belakangan, pelaku diketahui sudah tertangkap. Namun, belum ada hasil investigasi resmi yang dikeluarkan pihak kepolisian terkait kematian Topo.


Hal ini memancing reaksi keras dari kalangan aktivis dan beberapa organisasi jurnalis. Mereka menuntut pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus kematian Topo yang bekerja untuk La Red Radio Argentina.


"Manifestasi yang tak berkaitan dengan olahraga sangat dilarang dilancarkan dalam sebuah acara olahraga," begitu regulasi dalam Kode Disiplin UEFA.


"Saya menggunakan baju ini karena diberikan keluarganya pekan lalu. Saya bangun pagi tadi dan mengetahui kasus yang menimpa saya, sudah seharusnya kaus itu tak dikenakan," kata Guardiola seperti dilansir
Daily Mail
.


Hingga sekarang belum ada keputusan apa pun dari UEFA. Komisi Disiplin UEFA baru akan memutuskan nasib Guardiola di 21 Mei 2015.