Singkirkan Bayern, Dortmund ke Final DFB Pokal

Selebrasi gol dari para pemain Borussia Dortmund
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Borussia Dortmund memastikan lolos ke babak final DFB Pokal. Kepastian ini didapat usai mengalahkan Bayern Munich dengan skor 3-2 pada babak semifinal di Allianz Arena, Kamis 27 April 2017 dini hari WIB.

Dortmund unggul lebih dulu lewat gol Marco Reus pada menit ke-19. Bayern menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 28 lewat gol Javi Martinez, yang memanfaatkan umpan dari Xabi Alonso.

The Bavarians berbalik unggul 2-1 pada menit ke-41 akibat keteledoran barisan belakang pertahanan Dortmund. Franck Ribery mengirim operan kepada Mats Hummels yang diselesaikan lewat tembakan jarak dekat.

Pasukan Carlo Ancelotti nyaris menambah gol pada babak kedua. Namun, sepakan Arjen Robben dari jarak dekat masih sanggup dibendung oleh kiper Dortmund, Roman Buerki.

Memasuki menit ke-69, tandukan Pierre-Emerick Aubameyang sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Menyambut crossing Ousmane Dembele, Aubameyang sukses menceploskan bola ke gawang Bayern.

Lima menit kemudian, giliran Ousmane Dembele yang mencetak gol ke gawang Bayern sekaligus mengembalikan keunggulan Dortmund. Mendapat umpan Marco Reus dari kotak penalti, Dembele langsung melepaskan tembakan mendatar ke gawang Sven Ulreich.

Skor 3-2 untuk kemenangan Dortmund bertahan hingga laga usai. Dortmund memastikan lolos ke final DFB Pokal untuk keempat musim berturut-turut dan menjadi tim pertama yang mencatat pencapaian tersebut.

Pasukan Thomas Tuchel akan menantang Eintracht Frankfurt di babak final pada 27 Mei mendatang di Berlin. Frankfurt sendiri lolos ke final usai menang 7-6 atas Borussia Moenchengladbach lewat babak adu penalti

Susunan Pemain
Bayern Munich: 26-Sven Ulreich; 21-Philipp Lahm, 8-Javi Martinez, 5-Mats Hummels (17-Jerome Boateng), 27-David Alaba; 14-Xabi Alonso (25-Thomas Mueller), 23-Arturo Vidal; 10-Arjen Robben, 6-Thiago Alcantara, 7-Franck Ribery (11-Douglas Costa); 9-Robert Lewandowski

Borussia Dortmund: 38-Roman Buerki; 26-Lukasz Piszczek (Christian Pulisic), 25-Sokratis Papastathopoulos, 6-Sven Bender, 29-Marcel Schmelzer; 27-Gonzalo Castro (37-Erik Durm), 33-Julian Weigl, 13-Raphael Guerreiro; 7-Ousmane Dembele, 11-Marco Reus (28-Matthias Ginter), 17-Pierre-Emerick Aubameyang