Hitung-hitungan Klub Liga 1 yang Bisa Selamat dari Degradasi

Pemain PS Tira Abu Bakar Radanfah (ketiga kanan) menyundul bola ke gawang PSMS
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Panasnya persaingan di Liga 1 musim ini tak cuma di papan atas. Terhitung ada lima tim yang sedang berjuang untuk menghindari degradasi pada pekan terakhir kompetisi kasta tertinggi di Indonesia.

PSMS Medan kini menempati urutan paling buncit dengan koleksi 37 poin. Sialnya, mereka harus memainkan laga pamungkas musim ini ke markas PSM Makassar yang sedang bersaing dengan Persija Jakarta meraih gelar juara.

Tim berjuluk Ayam Kinantan wajib memetik tiga angka di kandang PSM untuk bisa lolos dari jerat degradasi. Itu pun jika empat tim di atasnya saat ini kalah dari lawan-lawannya.

Sebab, Mitra Kukar, Perseru Serui, Sriwijaya FC, dan PS Tira sudah mengoleksi 39 poin. Mereka juga masih waspada, karena hasil akhir pada pertandingan lain akan sangat menentukan.

Mitra Kukar contohnya, kini mereka menempati urutan ke-14. Bertengger di sana dikarenakan unggu head to head dari lawan-lawan di bawahnya.

Akan tetapi, situasi mereka kini terjepit. Memainkan laga tandang ke Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), markas Persija yang butuh kemenangan demi mengamankan gelar juara.

Posisi mereka masih bisa aman jika tim yang ada di bawah mereka juga mengalami kekalahan. Kondisi yang sama juga dialami Perseru yang menempati urutan ke-15 dan bertandang ke markas Persipura Jayapura.

Berlanjut ke urutan 16 yang kini ditempati oleh Sriwijaya FC. Untuk lolos dari jerat degradasi, mereka setidaknya harus bisa mendapatkan satu angka dari markas Arema FC sambil berharap Mitra Kukar atau Perseru kalah.

Begitu juga dengan PS Tira. Mereka akan melawan Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda. Skema yang sama seperti Sriwijaya FC amat diharapkan tim berjuluk The Young Warriors itu.

Pertandingan kelima tim tersebut akan digelar serempak, yakni pada Minggu 9 Desember 2018 sore WIB.