Sengit, Babak I Barito Vs MU Skor Sama Kuat

Pemain Madura United, Andik Vermansah
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto

VIVA – Duel ketat terhampar di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Jumat 24 Mei 2019. Tim tuan rumah Barito Putera menjamu tamunya Madura United dalam lanjutan Liga 1 2019. Belum ada gol yang tersaji dari 45 menit pertama. Namun, laga yang berjalan panas menghasilkan empat kartu kuning dalam separuh laga.

Barito Putera langsung tancap gas sejak pluit awal dibunyikan. Pada menit ke-4, pasukan Jacksen Tiago mendapatkan peluang pertamanya. Berawal dari situasi tendangan sudut Rizky bola, bola mengarah kepada Rafael Silva. Namun, tandukannya belum sempurna, bola tipis di samping gawang Muhammad Ridho.

Lima menit kemudian, Barito kembali mendapatkan peluang. Kali ini melalui Artur Jesus Vieira. Berawal dari umpan Lucas Silva dari luar kotak penalti, Artur melakukan diving header, hanya saja bola tandukkannya belum menemukan sasaran. 

Pada menit ke-24, Barito Putera mendapatkan dua peluang sekaligus. Pertama melalui tendangan babas Rizky Pora. Tendangan kerasnya masih mampu ditepis oleh Muhammad Ridho. Bola liar, berhasil didapatkan Prisca Womsiwor. Namun, tendangan mantan pemain Persipura Jayapura itu masih jauh melenceng di samping gawang.

Pada menit  ke-29 pertandingan berlangsung memanas. Tiga kartu kuning sekaligus dikeluarkan wasit. Penyebabnya adalah pelanggaran yang dilakukan oleh Andik Vermansyah kepada Evan Dimas. Para pemain Barito Putera yang tidak terima dengan tindakan Andik dan memberikan protes.

Artur, dan Rafael da Silva mencoba melakukan dorongan kepada Andik. Namun, pemain asal Surabaya itu tak terima dan menyentuh wajah Rafael. Situasi pun memanas hingga wasit sempat memisahkan para pemain yang telah berkumpul saling dorong. Atas kejadian itu, Andik, Artur dan Rafael mendapatkan kartu kuning. Pada menit ke-33 giliran Lucas Rodriguez yang diganjar kartu kuning akibat melanggar pemain MU. 

Memasuki menit-menit akhir babak pertama, bola lebih sering berada di sektor tengah. Para gelandang kedua tim berusaha melakukan serangan demi serangan. Namun, hingga wasit meniupkan pluit panjang skor bertahan 0-0.

Susunan Pemain

Barito Putera: Muhammad Riyandi; Andri Ibo, Arthur, Lucas, D Monim, Beroperay, Evan Dimas, Paulo Sitanggang, Prisca Womsiwor, Rizky Pora, Rafael Silva

Madura United?: M Ridho; Rendika Rama, Fandry, Jaimerson, Marckho, Asep Berlian, Zulfiandi, Andik Vermansah, Greg Nwokolo, Aleksandar Rakic, Beto Goncalves.