Dua Benteng Absen, Persebaya Siapkan Formula Darurat Lawan MU

Bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra (pakai topeng)
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto

VIVA – Formula darurat lini belakang sedang digodok Persebaya jelang melawan Madura United dalam lanjutan Liga 1, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu 10 Agustus 2019.

Persebaya terpaksa memakai skema dadakan menyusul absennya dua pilar di lini belakang, Otavio Dutra dan Hansamu Yama Pratama. Keduanya tak bisa dimainkan lantaran menjalani akumulasi kartu.  

Di laga sebelumnya melawan Persipura, Hansamu Yama diganjar kartu merah. Sedangkan Otavio Dutra yang di laga sebelumnya sudah mengantongi kartu kuning, kembali mendapat kartu kuning. 

Asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro mengatakan masih ada opsi lain di lini belakang untuk menambal lubang di benteng pertahanan.

Solusi yang sedang dimatangkan adalah memasang tiga pemain belakang, Andri Muladi, Rahmat "Rian" Irianto, dan Muhammad Syaifuddin. Sebelumnya, Andri Muladi sempat didera cedera. 

Sedangkan Rian di beberapa pertandingan sempat dipasang sebagai gelandang bertahan. "Yang pasti ada yang menggantikan. Kondisi seperti ini pernah terjadi dan kondisi tim masih baik-baik saja," ucap Bejo.

Sebagai mantan defender Persebaya, Bejo tentu sudah kenyang pengalaman. Termasuk  mengatasi persoalan di lini belakang menghadapi Madura United.  

"Soal masukan, itu pasti saya berikan. Tapi tergantung dari coach Djanur (Djajang Nurdjaman) selaku pelatih kepala. Karena pasti dia tahu yang terbaik untuk tim," lanjutnya 

Terkait kondisi Andri yang dikabarkan belum 100 persen pulih dari cedera, Bejo optimis beberapa hari ke depan semakin membaik. 

"Untuk detail kondisi Andri, tanya dokter. Kalau kita lihat di latihan sudah normal. Intinya pemain Persebaya sudah hapal kalau diotak-atik posisinya, pasti akan bisa," ucapnya.