Persik Kediri 'Lumpuhkan' Lini Tengah Persebaya Surabaya

Pertandingan Persebaya Surabaya vs Persik Kediri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Persik Kediri memaksa Persebaya Surabaya bermain imbang 1-1 dalam laga perdana Liga 1 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu malam WIB 28 Februari 2020. Jurus yang sudah disiapkan tim tamu berjalan dengan baik.

Persik bahkan sempat unggul lebih dulu lewat eksekusi penalti Gaspar Vega. Beberapa menit kemudian, Persebaya membalasnya berkat gol Hansamu Yama Pranata.

Pelatih Persik, Joko Susilo menuturkan jurus yang diterapkan anak asuhnya guna meredam agresivitas Persebaya. Mengunci lini tengah skuat asuhan Aji Santoso adalah taktiknya.

"Kami berhasil menutup pergerakan pemain tengah dan depan mereka dengan baik. Artinya saya memang intruksikan untuk tidak mematikan secara personal, namun pergerakan mereka yang kami jaga," ujar Joko dalam konferensi pers usai pertandingan.

Wajar bila Joko meminta anak asuhnya untuk mengunci pergerakan lini belakang Persebaya. Karena di sana ada sosok Aryn Williams, Makan Konate, dan Hambali Tholib yang unggul dalam kualitas individu.

Juru taktik yang akrab disapa Gethuk itu juga belajar dari kekalahan sebelumnya dari Persebaya di Piala Gubernur Jatim 2020. Ketika itu Persik kalah dengan skor 1-3.

"Selain itu, saya sadari kekuatan Persebaya sangat baik. Saya sudah mempelajari permainan mereka dari turnamen Piala Gubermur Jatim," tuturnya.

Gethuk juga enggan merasa puas begitu saja dengan hasil ini. Dia melihat para pemainnya belum maksimal secara fisik, sehingga ke depan dia akan melakukan pembenahan.

"Saya lihat pemain kami memasuki menit ke-60 banyak yang lelah. Dampaknya mereka saat pertandingan banyak yang terjatuh,” kata mantan pelatih Arema FC itu.