Kesaktian 3 Tim Promosi Liga 1 2020, Sang Juara Dibuat Tak Berdaya

Pertandingan Persebaya Surabaya vs Persik Kediri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Tiga tim promosi , Persik Kediri, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh telah melakoni laga perdana di Liga 1 2020. Hasilnya tidak mengecewakan. Ketiga tim tersebut tak mengalami kekalahan, meski menghadapi lawan yang lebih berpengalaman. 

Kesaktian tiga tim promosi Liga 1 2020 dimulai oleh Persik Kediri. Mereka tampil di laga pembuka, bertandang ke markas Persebaya Surabaya. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu 29 Februari 2020, Macan Putih mampu memberikan perlawanan. 

Pasukan Joko Susilo bahkan sempat membuat juara Piala Gubernur Jatim 2020 itu ketar-ketir saat mereka mencuri gol lebih dulu pada menit ke-35 via eksekusi penalti Gaspar Vega pada menit ke-33. 

Persebaya setelah berupaya sekuat tenaga akhrinya mampu menyamakan kedudukan melalui Hansamu Yama Pranata pada menit ke-37.

Pada sisa waktu yang ada, Persebaya mengempur sejadi-jadinya pertahanan Persik. Akan tetapi, tekanan striker Persebaya dan 'teror' suporter tuan rumah tak membuat runner up Liga 2 2019 itu bergeming. Mereka berhasil membawa pulang satu angka ke Kediri. 

Kesaktian itu menular ke Persiraja. Beberapa jam setelah laga Persebaya versus Persik, Persiraja mampu meraih satu angka. Tak tanggung-tanggung, tim yang mereka imbangi adalah tim juara Liga 1 2017 yaitu Bhayangkara FC.

Baca Juga: Bukan Evan Dimas, Pemain Persija Ini yang Bikin Borneo FC Hancur

Persiraja menjamu Bhayangkara di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Sebelum laga, tim tuan rumah sempat diprediksi bakal menjadi bulan-bulanan Bhayangkara.

Sebab, musim ini tim besutan Paul Munster diprediksi menjadi juara karena belanja pemain besar-besaran. Sejumlah nama top lokal berhasil mereka datangkan seperti Andik Vermansah, Saddil Ramdani, Ruben Sanadi hingga pemain asing yakni mantan mesin gol Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel.

Tapi, Persiraja mematahkan prediksi. Mereka berhasil membuat Bhayangkara frustrasi. Mewahnya skuat Bhayangkara dibuat tak mampu mencetak sebiji gol pun. Skor 0-0 bertahan hingga usai laga.

Seakan tak mau kalah dengan Persik dan Persiraja, Persita juga mampu meraup satu poin di laga perdana. Hebatnya, Persita mencuri poin itu dari markas sang juara Liga 1 2019, Bali United.

Bertandang ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu 1 Maret 2020, Pendekar Cisadane sempat memberikan perlawanan di awal babak pertama. Beberapa peluang berhasil mereka dapatkan. Tapi, penyelesaian akhir yang kurang maksimal membuat gol tak tercipta.

Baca Juga: Terlengkap, Hasil Pertandingan dan Klasemen Liga 1 2020 Pekan Pertama

Di babak kedua, Persita dipaksa bertahan, serangan Bali United membabi buta. Akan tetapi, Persita tak kehilangan akal. Pertahanan Solid yang digalang bek veteran Hamka Hamzah berhasil membuat Bali United kehilangan arah.

Hingga peluit panjang tanda pertandingan usai, Bali United tak mampu mencetak gol. Persita berhasil mencuri poin di markas sang juara. 

"Ini pertandingan pertama kami, jadi biasa, kurang mulus, kurang lancar. Beberapa kali pemain hilang bola. Tapi kami apresiasi para pemain bekerja keras, disiplin posisi saat menyerang dan diserang," kata Widodo Cahyono Putro , pelatih Persita.

"Ini pertandingan pertama kami, jadi biasa, kurang mulus, kurang lancar. Beberapa kali pemain hilang bola. Tapi kami apresiasi para pemain bekerja keras, disiplin posisi saat menyerang dan diserang," sambungnya.

Kesaktian Persita, Persik, dan Persiraja akan kembali di laga kedua. Persita bakal menjamu PSM Makassar di Stadion Sport Centre, Tangerang, Jumat 6 Maret 2020. 

Persik di hari yang sama akan menjamu Bhayangkara FC di Stadion Brawijaya, Kediri. Sedangkan Persiraja bertandang ke Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan menghadapi ruan rumah Madura United, Senin 9 Maret 2020. 

Baca Juga:

Buntut Ngamuk di Lapangan, Sandi Sute Diparkir Persija 2 Pertandingan

Jawaban Berkelas Evan Dimas Usai Cetak Gol Perdana di Persija

Alasan Kuat Pelatih Persija Ganti Sandi Sute: Memang Tak Berfungsi