Penghentian Liga 1 Diperpanjang, PSSI Harus Pikirkan Duit Klub

Logo PSSI
Sumber :
  • Twitter/@PSSI

VIVA – PSSI mengeluarkan keputusan lanjutan terkait penghentian sementara kompetisi Liga 1 dan Liga 2 menyusul masih mengancamnya wabah virus corona. Dalam surat tertanggal 18 Maret 2020 kepada PT Liga Indonesi Baru (LIB), pencabutan atas penghentian akan dilakukan lebih lanjut dengan melihat perkembangan lebih lanjut.

Sebelum ini, PSSI cuma mengeluarkan keputusan menghentikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 selama dua pekan, terhitung sejak 16 Maret 2020. Namun, karena pemerintah Republik Indonesia mengambil tindakan dengan menghentikan sementara kegiatan perkantoran, PSSI pun mengikutinya.

(Baca juga: PSSI Biarkan PSPS Riau Ikut Kompetisi, FIFA Harus Bertindak!)

Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus corona di Indonesia. Segala bentuk izin keramaian pun sudah pasti akan sulit didapatkan oleh klub-klub yang mendapat giliran jadi tuan rumah.

Madura United memberi tanggapan mengenai keputusan PSSI menghentikan kompetisi sampai jangka waktu yang tak ditentukan. Achsanul Qosasi selaku Presiden klub memberi dukungan penuh.

"Setuju saja. Yang pasti liburkan saja semua kegiatan sepakbola, karena semua kegiatan kantor juga sudah dihentikan sementara," ujar Achsanul ketika dihubungi melalui pesan singkat, Minggu 22 Maret 2020.

Achsanul menambah rujukan, yakni keputusan dari Ketua Gugus Tugas Pencegahan Penularan Virus Corona, Doni Monardo. Beberapa hari lalu, Doni yang juga menjabat sebagai Kepala BNPB itu menyampaikan Kejadian Luar Biasa (KLB) diperpanjang hingga 29 Mei 2020.

"Ketua Gugus Tugas sudah menyampaikan, KLB sampai dengan 29 Mei. Ikuti saja saran pemerintah," imbuh Achsanul.

Jika masa penghentian Liga 1 ditambah, tentu akan berdampak kepada pengeluaran klub. Achsanul menekankan pentingnya PSSI untuk juga memperhatikan masalah yang akan diterima klub nanti.

"Tentang biaya klub yang ditanggung selama libur, sebaiknya seragam dan diputuskan PSSI. Yang pasti durasi kontrak tidak berubah, dan pemain menerima kontrak penuh walau tertunda," tuturnya.

Baca juga

Merinding, Kisah Mencekam Istri Kapten PSG Lolos dari Virus Corona

4 Pesepakbola yang Jatuh ke Pelukan Hot Mom

Gokil, Messi Punya 'Butik' Pribadi Tampung Jersey Koleksinya