Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 31 Maret 2020 | 18:05 WIB

Dinkes Bicara Virus Corona yang Jangkiti Bomber Asing Persib

Team VIVA »
Muchamad Syuhada
Dede Idrus (Bandung)
Foto :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Bomber Persib Bandung, Wander Luiz.

VIVA – Persib Bandung mengumumkan bahwa satu pemain asingnya Wander Luiz terinfeksi virus corona atau COVID-19. Pemain asal Brasil ini dinyatakan positif usai menjalani test (Polymerase Chain Reaction) PCR beberapa hari yang lalu. 

Menariknya, Wander Luiz tidak menunjukkan gejala apa pun sebelum terinfeksi COVID-19. Namun, untuk mencegah penyebaran lebih meluas saat ini Luiz tengah menjalani isolasi mandiri dengan pemantauan dokter tim.

Baca Juga

Baca juga: Virus Corona Bisa Paksa Ronaldo Cabut dari Juventus

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandung, Rita Verita, menjelaskan bahwa COVID-19 bisa menyerang siapa pun, termasuk atlet yang setiap harinya menjaga kondisi kebugaran agar tetap sehat.

Terpopuler

"Betul. Karena begini, virus ini kan bisa menyerang siapa pun. Yang bisa menangkal virus ini adalah orang dengan daya tahan tubuh yang baik, begitu ya," ujar Rita kepada wartawan, Selasa 31 Maret 2020.

Makanya, dia berharap kepada semua masyarakat untuk bisa menjaga daya tubuhnya agar virus tidak masuk kedalam tubuh. Untuk soal Luiz, Rita menduga ketika COVID-19 masuk kondisi pemain berusia 28 tahun tersebut tengah menurun.

"Bagi seseorang yang punya daya tahan tubuh tidak baik tentu tidak bisa menahan virus ini walaupun dia olahragawan, walaupun dia makannya bagus" terangnya.

"Tapi, kalau daya tahan tubuh dia (Luiz) mungkin pada saat virus masuk ke dalam tubuh dia, daya tahan tubuhnya tidak sedang baik, sehingga akhirnya virus gak bisa dilawan karena daya tahan tubuh, yang paling penting di sini itu tadi daya tahan tubuh," jelasnya.

Guna menangkal virus, kata Rita, sangat mudah tapi kerap diabaikan oleh masyarakat. Di antaranya dengan selalu mencuci tangan atau menggunakan masker bila bepergian ke luar rumah. 

"Lalu itu tadi, habis cuci tangan dan lain-lain, itu kan perilaku seperti gak penting, padahal itu sangat penting karena virus bisa mati kalau kita cuci tangan dengan betul," katanya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu
Terbaru