Persebaya Surabaya Latihan Online

Pemain Persebaya Surabaya merayakan juara Piala Gubernur Jatim 2020
Sumber :
  • instagram.com/officialpersebaya

VIVA – Skuad Persebaya Surabaya menjalani latihan secara online, Sabtu 11 April 2020. Ini adalah yang pertama kali setelah mereka semua diliburkan sejak 21 hari lalu karena dampak dari wabah virus corona.

Latihan tersebut dipimpin langsung oleh pelatih fisik Persebaya, Gassely Juan Panam. Tugasnya adalah memastikan para pemain melahap menu strength dan endurance dengan benar.

(Baca juga: Eks Bomber Persebaya Jadi Pemain Terbaik Piala Super Tajikistan)

"Kita mulai mencoba latihan bersama setelah sebelumnya kita hanya memberikan pekerjaan rumah untuk para pemain," kata Gassely, dikutip dari laman resmi klub.

"Kita melakukan metode HIIT, High Intensity Interval Training, tujuannya di samping untuk menjaga kondisi fisik mereka, juga untuk memonitoring pelaksanaannya, jadi bisa langsung dikoreksi," imbuhnya.

Sebelum tim diliburkan, jajaran pelatih Persebaya sudah memberikan tugas kepada para pemain. Mereka diminta untuk merekam latihan mandiri kemudian dikirimkan kepada pelatih.

Namun menurut Gassely, kelemahan dari cara tersebut adalah tidak bisa memberi koreksi secara langsung. Kemudian mereka mengubah skema dengan cara latihan seperti sekarang ini.

(Baca juga: Corona Bikin Gelandang Persebaya Takut Keluar Rumah)

Sayangnya tidak semua pemain Persebaya bisa ikut dalam sesi latihan online ini. Tiga pemain asing mereka terpaksa absen dengan alasan yang berbeda.

Aryn Williams tidak bisa ikut karena sedang menjalani masa karantina di Australia. Sedangkan Mahmoud Eid dan David Da Silva yang berada di negara asalnya, terkendala perbedaan waktu.

Latihan online seperti ini rencananya akan digelar secara rutin oleh tim berjuluk Bajul Ijo. Mengingat hingga sekarang wabah virus corona belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

"Kita akan evaluasi penyelenggaraan latihan online ini karena ini baru yang pertama kita latihan bersama, rencananya setelah evaluasi kita akan adakan latihan rutin seperti ini," ungkap Gassely.