Puasa dan Corona Tidak Jadi Halangan Buat Bintang Persib Ini

Winger Persib Bandung, Febri Hariyadi
Sumber :
  • Instagram/@febrihariyadi13

VIVA – Puasa Ramadhan tak menghalangi Febri Hariyadi untuk menjalankan program latihan mandiri di rumah. Gelandang Persib bernomor punggung 13 ini mengaku tak mengalami kendala berarti saat menjalani latihan sambil berpuasa.

"Ramadhan tak menghalangi program latihan. Situasinya tidak berbeda seperti tahun-tahun lalu, tetap ada latihan saat Ramadan," kata pemain yang akrab disapa Bow itu dikutip dari laman resmi klub, Jumat 24 April 2020.

Baca: Pemain Persib Putri Bicara Peran Kartini Zaman Now 

Bagi Febri dan para pemain Persib lainnya, berlatih di saat bulan puasa adalah hal biasa. Bahkan pada Ramadhan musim lalu, pemain tetap bertanding dan berkompetisi.

Diakuinya, Ramadhan tahun ini agak berbeda karena tidak ada aktivitas latihan bersama. Pertandingan liga pun dihentikan karena Pandemi Corona COVID-19. Pada masa Pandemi Corona saat ini, para pemain hanya berlatih secara mandiri menjelang berbuka puasa.

"Bedanya kalau sekarang latihan di rumah dan biasanya bersama tim. Karena situasinya seperti ini, jadi sedikit berbeda," kata pemain jebolan Diklat Persib ini.

Sementara itu, Dokter tim Persib, M. Rafi Ghani mengingatkan pemain, staf ofisial dan tim pelatih untuk menjaga asupan makanan selama melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1441 H.

Dia juga berpesan tentang pentingnya mengonsumsi buah dan sayuran saat sahur atau berbuka puasa. Rafi juga meminta untuk memperhatikan kebutuhan cairan tubuh supaya terhindar dari dehidrasi. 

Asupan makanan yang baik penting artinya bagi kebugaran para pemain dan menunjang  aktifitas, termasuk program latihan mandiri.

"Untuk pemain, ofisial dan pelatih selama bulan Ramadhan ini harus lebih menjaga asupan makanan yang baik. Selain beribadah lakukan juga kegiatan fisik atau olahraga yang intensitas dan waktunya disesuaikan karena sedang berpuasa," kata Rafi.

Di tengah ancaman Pandemi Corona, Rafi pun kembai mengingatkan pentingnya pola hidup bersih dan mengikuti semua anjuran pemerintah terkait pembatasan aktivitas di luar rumah.

"Semoga kita semua di bulan Ramadhan ini selalu diberikan kesehatan, keberkahan. Selalu bugar dalam melakukan ibadah dan kegiatan. Stay safe, stay at home," ucap Rafi.

Baca juga:

Pelatih Persib Setuju Liga 1 2020 Tanpa Penonton

Perasaan Campur Aduk Kapten Persib Sambut Ramadhan saat Wabah Corona

Istri Berprofesi Dokter, Kiper Persib Terbantu Pulihkan Cedera