Zulham Zamrun Fokus Ibadah di Bulan Ramadhan

Winger Persib Bandung, Zulham Zamrun
Sumber :
  • instagram.com/zulhamzamrun_07

VIVA – Penyerang Persib, Zulham Malik Zamrun mengisi bulan Ramadhan 1441 Hijriah dengan beribadah sebaik-baiknya. Meskipun demikian, pemain kelahiran 19 Februari 1988 itu tetap menjalankan tugasnya sebagai atlet profesional yaitu menjaga kebugaran dengan latihan mandiri. 

"Di bulan puasa, saya enggak ada kegiatan selain ibadah saja. Kecuali menjalankan program latihan dari tim pelatih," kata Zulham seperti dikutip dari laman resmi klub, Sabtu 25 April 2020.

Baca: Puasa dan Corona Tidak Jadi Halangan Buat Bintang Persib Ini

Pemain asal Ternate ini memaksimalkan hari pertamanya berpuasa dengan mendekatkan diri kepada Sang Khalik. Dengan beribadah dan berdoa, ia menaruh harapan pandemi global COVID-19 bisa segera membaik. 

"Fokus dulu ibadah dengan puasa, salat, tadarus dan berdoa wabah Corona segera berakhir. Itu saja yang biasa dilakukan di bulan Ramadan tahun ini," terangnya.

Sementara itu, pelatih Persib U-16, Imam Nurjaman menyebut, kegiatan latihan saat berpuasa menjadi salah satu cara terbaik menjaga kebugaran para pemain. Karena itu, timnya tetap menggelar latihan mandiri selama bulan Ramadhan.

"Hanya pada hari pertama puasa hari ini para pemain diistirahatkan. Kalau dikaji secara keilmuan, berlatih saat berpuasa itu sebenarnya sangat bagus untuk meningkatkan kondisi pemain. Perkembangannya bisa sangat cepat,“ kata Imam.

Imam mengatakan, kondisi seseorang dalam keadaan berpuasa tidak serta-merta kehilangan tenaganya. Tenaga untuk berlatih bisa memanfaatkan dari makanan yang tersimpan di dalam tubuh setelah mengkonsumsi santap sahur.

“Ketika berpuasa, tubuh menjadi kosong dan terasa ringan saat bergerak, bukan lemas. Tenaga di dalam tubuh tetap ada karena kita kan makan saat sahur. Asalkan makanannya juga harus yang berkualitas," terangnya. 

Baca juga:

Pemain Persib Putri Bicara Peran Kartini Zaman Now

Perasaan Campur Aduk Kapten Persib Sambut Ramadhan saat Wabah Corona

Wabah Corona, Pemain Muda Persib Latihan di Sawah