Begini Cara Pemain Persib Ngabuburit saat Wabah Corona

Pemain Persib Bandung; Kim Kurniawan, Zalnando & Victor Igbonefo
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

VIVA – Bek Persib, Zalnando menceritakan kebiasaannya menunggu waktu berbuka puasa saat Ramadhan. Pemain asal Kota Cimahi ini mengaku, kegiatan ngabuburit yang biasa dilakukannya adalah bermain bola.

Tapi untuk Ramadhan tahun ini, pemain bernomor punggung 27 ini tak bisa melakukannya. Adanya aturan pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) karena wabah Corona COVID-19 membuatnya harus tetap di rumah.

Baca: Bulan Ramadhan, 4 Pemain Persib Berdonasi Lewat Lelang Jersey

Kendati demikian, Zalnando masih bisa ngabuburit dengan program latihan mandiri di rumah. Jika masih ada waktu setelah selesai berlatih ke waktu berbuka, Zalnando membaca buku atau bermain game.

"Dulu main bola sama temen-temen di rumah. Atau latihan bersama tim seperti sama Persib musim lalu, latihan sore langsung buka puasa bersama," kata Zalnando seperti dilansir laman resmi klub, Senin 27 April 2020.

"Tahun ini tetap latihan di rumah, program latihan mandiri. Atau main game atau baca buku. Karena hanya bisa di rumah di sini (Cimahi) sudah banyak jalan di tutup juga," ucapnya.

Hal yang sama juga dirasakan bek Persib, Mario Jardel. Dia tetap  menjalani program latihan mandiri di rumah selama bulan Ramadhan ini. Di saat berpuasa, Jardel melakukan penyesuaian waktu latihan yakni pada sore hari.

Pemain jebolan Diklat Persib ini mengatakan, latihan saat puasa bukan suatu kendala. Bahkan, latihan menjelang berbuka menjadi ajang ngabuburit. Puasa dan latihan tetap bisa dia lakukan dengan maksimal.

"Paling sekarang ngabuburit nya sambil latihan di rumah karena kita harus stay at home," kata pemain bernomor punggung 66 ini.

Saat puasa Ramadhan, Jardel pun mengaku harus menjaga asupan makanan dan pola istirahat yang baik supaya dapat menunjang kegiatan dan latihan. Kolak dan minuman manis lain menjadi menu wajib bagi Jardel selama berbuka puasa dan juga sahur.

“Pastinya yang manis-manis, kolak atau sirup, atau mungkin es campur. Kalau makan normal saja, sayur pastinya,” ucapnya.

Baca juga:

Adakan Program Kajian Ramadhan, Persib Bahas Kaum Rebahan?

Zulham Zamrun Fokus Ibadah di Bulan Ramadhan

Puasa dan Corona Tidak Jadi Halangan Buat Bintang Persib Ini