Rumor Febri Hariyadi, Ada 3 Jebolan Persib yang Main di Liga Thailand

Pesepakbola Persib Bandung, Febri Hariyadi (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Winger Persib Bandung, Febri Hariyadi dirumorkan jadi incaran klub Thailand, Muangthong United. Dia sedang ramai jadi pemberitaan media massa di sana.

Nama Febri muncul sebagai incaran guna mengisi slot pemain asing asal Asia Tenggara. Kebetulan pula Muangthong baru ditinggal dua pemain andalannya, Saraach Yooyen dan Adisorn Promrak.

(Baca juga: Febri Hariyadi Jadi Obat Penawar Klub Thailand Muangthong United)

Mengutip THSport, Muangthong ingin membangun skuadnya kembali menjadi kuat. Karena tujuan mereka adalah bisa mengakhiri musim di posisi lima besar.

Febri yang masih berusia 24 tahun wajar juga bila menjadi incaran. Karena sejak 2016 dia selalu jadi pilihan utama di Persib dan kerap mendapat panggilan dari Timnas Indonesia.

Jika rumor ini benar, Febri akan jadi pemain Persib keempat yang akhirnya bisa berlabuh di Liga Thailand. Karena sebelumnya sudah ada yang melakukan itu.

1. Sergio van Dijk

Pemain naturalisasi Indonesia ini menjadi pemain Persib pertama yang akhirnya bergabung dengan klub Thailand. Dia membela Maung Bandung pada 2013-2014.

(Baca juga: Kapten Persib Ingin Liga 1 Lanjut)

Kemudian Sergio memilih hijrah ke klub Iran Sepahan. Tapi, cuma sebentar dia di sana, klub Thailand, Suphanburi FC yang jadi labuhan berikutnya.

Sergio bertahan di Suphanburi dalam kurun waktu 2014 hingga 2015. Dia sempat bermain di Adelaide United pada 2016, dan kembali lagi ke Persib.

2. Yanto Basna

Yanto Basna berseragam Persib pada 2016-2017. Dia kemudian direkrut oleh Sriwijaya FC dan bertahan di sana selama satu musim.

Pada 2018, Basna memulai petualangan perdana di Liga Thailand bersama Khon Kaen. Setahun berikutnya dia dipinang oleh Sukhothai.

Namanya sempat diisukan kembali ke Persib pada awal musim ini. Namun akhirnya pemain kelahiran Sorong, Papua itu memilih bertahan di Liga Thailand bersama PT Prachuap.

3. Victor Igbonefo

Victor Igbonefo merupakan pemain naturalisasi yang sudah lama berkarier di Indonesia. Klub pertamanya adalah Persipura Jayapura pada 2005.

Enam musim bersama tim berjuluk Mutiara Hitam, Igbonefo hijrah ke Pelita Jaya. Dia sempat menjadi pemain pinjaman klub Liga Thailand, Chiangrai United.

Pada 2013, Igbonefo kembali ke Indonesia untuk bergabung dengan Arema FC. Namun, pada 2016 dia kembali ke Liga Thailand bersama Osotspa Samut Prakan dengan status pinjaman.

Igbonefo kemudian dipermanenkan statusnya oleh klub Thailand lain, Navy FC. Pada 2017 dia hengkang untuk bergabung dengan Nakhon Ratchasima.

Pemain kelahiran Enugu, Nigeria itu memilih kembali ke Indonesia pada 2018. Dia bergabung dengan Persib, dan setahun kemudian kembali ke Thailand setelah dipinang PTT Rayong.

Bermain baik di Liga Thailand, akhirnya Persib kembali mendatangkannya pada awal musim ini.