Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Kamis, 18 Juni 2020 | 13:03 WIB

Kisah Pelatih Persib Rasakan Didikan Keras Akademi Ajax Amsterdam

Team VIVA »
Luzman Rifqi Karami
Dede Idrus (Bandung)
Foto :
  • VIVA/Dede Idrus
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

VIVA – Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menceritakan perjalanan karier saat menjadi pemain Ajax Amsterdam. Dia mengaku awalnya mengikuti seleksi terbuka untuk masuk ke akademi Ajax pada 1966 atau saat usianya 12 tahun. 

Berseragam tim yang berjuluk 'De Godenzonen' itu, diakui Robert, memang menjadi impian setiap anak muda di negara kincir angin. Usaha Robert mengikuti seleksi terbuka di Ajax Amsterdam akhirnya membuahkan hasil. 

Baca Juga

"Saya terpilih dari ajang seleksi terbuka yang dilakukan di Ajax. Jadi setiap anak muda yang mempunyai bakat datang dan bermain di depan banyak orang. Lalu orang-orang memandu bakat mereka, dan ada juga pemain dari tim utama Ajax atau mantan pemain yang datang," ungkap Robert kepada wartawan, Rabu 17 Juni 2020. 

"Di sana kami memainkan small sided games. Jadi pemain yang berpotensi dicatat namanya dan ketika hari pertama seleksi selesai, mereka yang terpilih diminta untuk datang lagi pada akhir pekan berikutnya," lanjut pelatih yang kini berusia 65 tahun ini. 

Setelah terpilih dalam tahap pertama, Robert kembali mengikuti seleksi jilid kedua. Seleksi dilalui selama beberapa pekan dan dia pun akhirnya lolos dengan menyingkirkan ribuan kandidat lain. 

"Saya lolos setelah menyingkirkan sekitar 5 ribu pemain dan masuk tim junior Ajax untuk kelompok usia 12 hingga 14 tahun. Dari sana saya memulai karir. Jadi, bisa dibilang ini bukan merupakan akademi yang sesungguhnya dan lebih mirip modul latihan biasa," kata dia. 

"Meski setiap pelatih yang bekerja di tim junior Ajax mempunyai kualifikasi tinggi dalam bidangnya. Jadi itu yang membedakan Ajax dengan klub-klub lain, di sana ada pelatih berkelas dunia," ucapnya. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
RABONA: Persib Diem-diem Bisa Juara, Ini Alasannya..
LIGA INDONESIA - 5 bulan lalu
Terpopuler