SFC Vs PSMS, Duel Panas Derby Andalas Penentu ke Liga 1

Skuat Sriwijaya FC di Liga 2 2019
Sumber :
  • instagram.com/sriwijayafc.id/

VIVA – Derby Andalas antara Sriwijaya FC menghadapi PSMS Medan di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, hari ini, Selasa 1 Oktober 2019, diprediksi bakal berlangsung panas.

Dalam laga yang akan disiarkan langsung oleh tvOne ini, Sriwijaya FC menginginkan poin penuh untuk mengamankan satu tiket lolos ke babak 8 Besar Liga 2 2019. Di sisi lain, PSMS tidak ingin kehilangan angka demi menjaga kans lolos ke fase selanjutnya.

Dengan kedua tim sama-sama menginginkan tambahan angka, laga ini tentu akan menghadirkan tensi yang panas. Selain masalah gengsi sesama tim asal Sumatera, hasil akhir pertandingan juga menjadi penentu langkah kedua tim untuk kembali ke kasta tertinggi Liga 1.

Mengacu pada posisi di klasemen sementara, Sriwijaya FC tentu berada di atas angin. Berada di peringkat 2 dengan koleksi 37 angka dari 19 laga, Laskar Wong Kito cuma butuh tambahan tiga angka di tiga laga tersisa, guna merebut satu tiket 8 Besar.

Perjuangan lebih berat justru dihadapi PSMS. Berada di posisi 6 dan baru mengumpulkan 28 angka dari 18 laga, Ayam Kinantan butuh kemenangan untuk mendekati PSCS Cilacap di peringkat 4. Di mana antara kedua tim memiliki selisih empat poin.

Meski timnya memiliki kesempatan yang besar untuk lolos, Pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi, memilih tetap merendah. Dia mengingatkan anak asuhnya agar tetap fokus dan menganggap semua pertandingan sisa sebagai laga final.

“Pertandingan menghadapi PSMS ini sangat penting, ini bisa menjadi laga penentu. Tidak hanya menghadapi PSMS, dua laga lainnya juga tidak kalah penting, semuanya kita anggap final,” kata Kas Hartadi, Senin 30 September 2019.

Dalam duel ini, Sriwijaya FC kemungkinan tidak akan tampil full team. Satu pemain dipastikan absen, yakni Nerius Alom yang mengalami cedera. Sementara itu, Bobby Satria, Zulkifli Syukur dan Hendra Mole, yang sempat diragukan, sudah dalam kondisi fit.

Kendati hanya satu pemain yang tidak dapat tampil, namun ada masalah lain yang membuat upaya Sriwijaya FC meraih poin penuh bisa saja terhambat, yakni kebugaran pemain.

Ya, sebelum meladeni PSMS, Ambrizal Cs hanya memiliki persiapan dalam dua hari. Usai menghadapi Persiraja Banda Aceh pada 27 September 2019, persiapan Sriwijaya FC bisa dibilang sangat mepet.

“Persiapan tim cuma dua hari, recovery dan uji coba lapangan. Belum lagi perjalanan yang melelahkan dari Aceh. Setelah pertandingan yang berlangsung di malam hari, subuhnya kita ke Palembang, tentu ini sangat melelahkan,” ujar Kas Hartadi.

“Mengenai kondisi lawan, saya merasa PSMS punya progres yang cukup bagus, terutama saat dibesut Jafri Sastra. Untuk itu kita tidak ingin lengah, pertandingan ini sangatlah penting,” terangnya. 

Sementara itu, Pelatih PSMS Medan, Jafri Sastra, berupaya ingin memaksimalkan Derby Andalas di Palembang. Dia menganggap hasil pertandingan ini punya dampak yang besar dalam perjalanan PSMS di Liga 2.

“Sriwijaya FC merupakan tim yang disiapkan dengan sangat matang untuk lolos ke Liga 1. Jadi tim ini sangat solid, tim yang tangguh. Kita hanya berupaya memaksimalkan pertandingan ini dan jangan sampai kalah,” ujarnya.

Sama seperti Sriwijaya FC, pada laga ini, mantan pelatih Semen Padang itu menyebut ada dua pemain yang akan absen. Adalah Bruno Casimir yang harus menepi akibat sanksi komisi disiplin PSSI dan cedera, serta Andre Sitepu, yang menderita cedera. (one)