5 Tahun Pensiun, Ferry Rotinsulu Comeback Lawan Babel United?

Kiper Sriwijaya FC, Ferry Rotinsulu.
Sumber :
  • VIVAnews/Sadam Maulana (16-10-19)

VIVA – Mantan penjaga gawang tim nasional Indonesia, Ferry Rotinsulu, berpeluang kembali tampil di laga kompetitif. Pasca memutuskan kembali dari masa pensiun, penggawa Sriwijaya FC itu punya kesempatan besar tampil sejak menit awal saat menghadapi Aceh Babel United.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Depati Amir, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis 17 Oktober 2019, Ferry diprediksi bakal mendapat kesempatan mengawal gawang Laskar Wong Kito, sekaligus mencatat debutnya di Liga 2.

Kali terakhir Ferry tampil sebagai pemain profesional ialah saat membela Bhayangkara FC di tahun 2014. Setelah itu, Ferry memutuskan untuk gantung sarung tangan sebelum akhirnya menerima tawaran dari Sriwijaya FC di Liga 2 2019.

“Jika dipercaya pelatih, tentu saya siap. Karena keputusan terakhir ada di tangan pelatih, jadi siapa yang paling siap untuk bermain, maka dia yang akan diturunkan,” kata Ferry, Rabu 16 Oktober 2019.

Di Sriwijaya FC, Ferry memiliki peran ganda sebagai pemain dan pelatih penjaga gawang. Di bawah mistar gawang, dia juga bukanlah pilihan utama. Ferry menjadi pilihan ketiga setelah Galih Sudaryono dan Hendra Mole.

Meski hanya pilihan ketiga, kesempatan paling besar justru dimiliki Ferry di laga kali ini, mengingat duel antara Babel United menghadapi Sriwijaya FC tidak lagi menentukan. Laga ini merupakan kesempatan bagus comeback-nya sang ‘Spiderman’.

Sriwijaya FC sudah memastikan lolos ke babak delapan besar. Di sisi lain, Babel United juga tidak punya kepentingan di laga ini. Lolos dari jeratan degradasi, Babel United juga tidak punya peluang lagi untuk melaju ke fase selanjutnya.

Tak heran, dalam duel terakhir Liga 2 Grup Barat bagi Sriwijaya FC ini dijadikan pelatih Kas Hartadi sebagai ajang rotasi pemain. Ferry disebut sebagai salah satu pemain yang jarang tampil bakal diberi kesempatan bermain.

Bagi Ferry, andai benar-benar diberi kepercayaan, dia akan berusaha tampil maksimal. Dia sendiri memastikan dirinya dalam kondisi fit kendati sudah tidak lagi bermain selama lima tahun.

Kiper 36 tahun itu berujar tetap menjaga kondisi kebugarannya. Bahkan, sejak menjadi bagian dari skuat Sriwijaya FC di putaran kedua Liga 2, Ferry sudah berhasil menurunkan berat badan sebanyak lima kilogram, dari 85 menjadi 79 kilogram.

“Karena di Sriwijaya FC saya merangkap sebagai pelatih, jadi saya juga sering terlibat di dalam game saat latihan. Berat badan juga terjaga. Tentu saya sangat siap,” ujar pemain kelahiran Palu, 28 Desember 1982 itu.