Beda Caketum PSSI Memandang Target Piala AFF 2020

Diskusi sepakbola SIWO PWI dan PSSI Pers
Sumber :
  • Dok. Panitia

VIVA – Calon Ketua Umum PSSI ditodong pertanyaan mengenai program mereka untuk Timnas Indonesia jika terpilih untuk periode 2019-2023. Lama sudah tak berprestasi, pada Piala AFF 2020, bisakah membuat skuat Garuda menggondol trofi.

Salah satu Caketum PSSI, Fary Djemi Francis optimistis Timnas Indonesia bisa berprestasi secepatnya. Dia memberi contoh salah satu programnya mengirim para pemain muda ke Spanyol.

"Saya punya jaringan internasional, apa yang bisa kita buat dalam waktu dekat ini, teman-teman mungkin tahu ada satu program yang namanya Vamos Indonesia, mengirimkan pemain mudah ke Spanyol," kata Fary.

"Saya ada di dalam program itu dengan target masuk ke dalam Liga 3, Liga 4 di sana. Kemudian mereka akan main di Liga Asia atau Afrika. Mereka akan pulang kapan saja negara butuhkan," imbuhnya.

Caketum PSSI lainnya, Arif Putra Wicaksono memberi jawaban dengan logika pembinaan. Dia mengaku pesimistis jika Timnas Indonesia berprestasi dalam jangka waktu pendek ini.

Akan tetapi, dia bisa memberi garansi, jika pada Piala AFF 2022 mendatang, target juara tercapai. Karena stok pemain yang usia 19 tahun yang diasuh Fakhri Husaini menunjang untuk itu.

"Untuk Piala AFF 2020, mohon maaf saya agak pesimistis di situ. Target saya Piala AFF 2022. Saya akan berangkat dengan pemain Timnas U-19 coach Fakhri," kata Arif.

Dan untuk membantu Fakhri memuluskan jalan menuju gelar juara, Arif punya program khusus. "Mungkin nanti kita akan datangkan direktur teknik dari Eropa, wacana saya Frank de Boer."