Masuk Lapangan, Suporter Sriwijaya Kabur Dikejar Pemain Persewar

Sriwijaya FC vs Persewar
Sumber :

VIVA – Laga Persewar Waropen melawan Sriwijaya FC dalam babak delapan besar Liga 2 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu malam, 9 November 2019, nyaris berakhir ricuh.  Penyebabnya,  suporter Sriwijaya FC masuk ke lapangan dan akhirnya justru lari tunggang-langgang di kejar pemain Persewar.

Insiden itu diawali saat terjadi pelanggaran di menit 70. Ketika pemain bersitegang di lapangan, tiba-tiba beberapa suporter Sriwijaya FC masuk dari arah belakang gawang Persewar. Namun suporter itu  langsung lari tunggang-langgang setelah dikejar pemain Persewar hingga ke naik ke pagar tribun.

Situasi makin panas lantaran official Persewar juga mengejar hingga tribun , sebelum akhirnya aparat keamanan bisa mengendalikan situasi.

Sementara Pelatih Persewar Ellie Aiboy juga ikut berlari ke belakang gawang. Namun untuk menenangkan para pemainnya yang terlihat emosional dengan ulah suporter Sriwijaya FC.

Menurut Ellie Aiboy, para pemain tersulut emosi dengan perkataan suporter Sriwijaya yang bernada rasis, "Saya sangat kecewa dengan suporter Sriwijaya, saya dengar sendiri mereka bilang monyet. Itu yang membuat pemain kami marah, saya berlari untuk menenangkan mereka. Tidak boleh pemain sampai keluar lapangan, " ucapnya.

Mantan pemain Persebaya itu berharap di pertandingan berikutnya kejadian serupa tidak diulangi lagi, "Jangan ada rasis di sepakbola, Papua masih Indonesia. Jangan kejadian di Surabaya terjadi di Sidoarjo, " harapnya.

Soal jalannya pertandingan yang berakhir 1-0 untuk kemenangan Sriwijaya itu, Ellie Aiboy mengakui jika kekukarangan timnya hanya masalah kontrol emosi.

"Pertandingan cukup seimbang, cuma kami kurang bisa kontrol emosi. Saat kejadian suporter itu, memang kita terpanguruh. Tapi pelan-pelan normal dan kita dapat satu peluang di menit akhir, " ujarnya.