5 Tim Lumbung Gol di Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia, Ada Indonesia

INDONESIA VS MALAYSIA KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia memasuki pertandingan kelima. Pada Selasa 19 November 2019, akan ada 16 pertandingan yang digelar sejak sore hingga dini hari nanti.

Pada prosesnya, tak banyak kejutan yang terjadi selama empat laga sebelumnya. Tim-tim unggulan seperti Jepang, Korea Selatan dan Qatar berhasil menduduki puncak klasemen di grupnya masing-masing.

Begitu juga dengan tim-tim yang diprediksi bakal menjadi lumbung gol. Jika melihat susunan klasemen saat ini, ada lima tim yang paling banyak kebobolan. 

Menariknya, ada Timnas Indonesia di dalamnya. Lalu, siapa lagi tim yang paling sering dibantai di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia?

1. Kamboja

Tim besutan Keisuke Honda itu tergabung di Grup C. Mirisnya, dari empat pertandingan yang telah dijalani, Kamboja sudah kebobolan 20 gol dan hanya mampu mencetaki satu gol.

Sejatinya, Kamboja mengawali fase kualifikasi babak kedua ini dengan hasil impresif. Mereka sukses menahan imbang Hong Kong 1-1 dan kalah tipis 0-1 dari Bahrain. Namun, pada laga ketiga, Kamboja dicukur 14 gol tanpa balas oleh Iran. 

2. Taiwan

Taiwan telah kebobolan 18 gol dari empat pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Taiwan tergabung di Grup B bersama Australia, Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Sejauh ini, Taiwan belum meraih kemenangan satu pun. Alhasil mereka terdampar di dasar klasemen. Kekalahan terbesar diderita Taiwan saat dihajar Australia 1-7 dan dihujani sembilan gol oleh Kuwait.

3. Guam

Guam berada di Grup A. Dari empat pertandingan yang telah dijalani mereka sudah kebobolan 16 gol dan memasukkan satu gol. Perjalanan tim besutan Gary White memang terbilang berat. Mereka harus bersaing dengan Suriah, China dan Filipina. Benar saja, Guam jadi bulan-bulanan. Mereka dihajar China 0-7, kalah dari Suriah 0-4 dan ditekuk 1-5 oleh Filipina. 

4. Sri Lanka

Dari empat pertandingan, gawang Sri Lanka sudah jebol 14 kali. Parahnya, mereka belum sama sekali mencetak gol. Sri Lanka berada di Grup H. Kekalahan terbesar yang mereka terima saat ditelan Korea Selatan 0-8 dan ditumbangkan Lebanon 0-3.

5. Indonesia

Dari empat laga yang sudah dijalani di Grup G, Tim Garuda belum memetik poin dengan catatan gol 3-14. Pada laga perdana, Indonesia dikalahkan Malaysia 2-3, kemudian dibantai Thailand 0-3.

Indonesia hancur lebur saat bertandang ke markas Uni Emirat Arab pada laga ketiga. Wawan Hendrawan cs dihajar 0-5. Tak sampai di situ, Indonesia ditekuk Vietnam 1-3.

Dengan catatan-catatan tersebut, Timnas Indonesia kini minus 11 dalam selisih gol. Melansir WorldFootball, rekor di Kualifikasi Piala Dunia 2022 itu jadi yang terburuk bagi Timnas Indonesia selama melakoni kualifikasi.