Lini Pertahanan Bakal Jadi Kunci Indonesia Vs Malaysia

Indonesia versus Malaysia di kualifikasi Piala Dunia 2022.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Timnas Indonesia bakal menghadapi misi berat ketika bertandang ke markas Malaysia di Stadion Bukit Jalil dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Selasa malam 19 November 2019.

Laga ini bukan hanya mempertaruhkan nasib Indonesia. Tapi, pertandingan ini juga sebagai adu gengsi dua negara ras Melayu. Sialnya, skuat Garuda dalam kondisi yang tak diuntungkan jelang laga ini.

Indonesia belum sekali pun meraih poin dari empat laga yang sudah dijalani di Grup G. Kondisi ini berbanding terbalik dengan tuan rumah Malaysia. Sebelum duel ini, Harimau Malaya berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-1.

Selain itu, Malaysia juga sempat mengalahkan Indonesia di laga perdana Grup G dalam duel di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kala itu, Safawi Rasid dan kawan-kawan menang 3-2.

Tentunya, sejumlah fakta tersebut memberikan suntikan motivasi dan semangat bagi Malaysia dalam menghadapi duel ini. Namun, bukan berarti Indonesia tak punya peluang untuk menang.

Diungkapkan oleh legenda Tim Merah Putih, Peri Sandria, Greg Nwokolo cs bisa saja meraih poin dari laga ini. Syaratnya, lini pertahanan benar-benar dibenahi.

Selama berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, skuat Garuda sudah kebobolan 14 gol. Tapi, ada sebuah perubahan di tim Indonesia pada laga ini.

Itu lantaran Tim Merah Putih tak lagi dipimpin oleh Simon McMenemy yang sudah dipecat oleh PSSI. Kali ini, Indonesia dipimpin oleh Yeyen Tumena.

Tentu dengan kehadirannya diharapkan bisa memberi perubahan setidaknya di lini belakang. Mengingat, ketika aktif bermain dulu, Yeyen berposisi sebagai bek.

"Untuk laga nanti yang penting kerja keras dalam pertandingan. Kalau teknisnya harus perbaiki lini pertahanan juga maksimalkan serangan balik karena Malaysia di semua lini kuat," kata Peri kepada VIVAnews.

"Di dalam tim ini perlu sosok untuk membangkitkan motivasi pemain dan kita percayakan pada Yeyen," jelasnya.