Hadapi Malaysia, Waktunya Maksimalkan Talenta Lokal

Latihan Timnas Indonesia jelang melawan Malaysia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz

VIVA – Legenda Timnas Indonesia, Peri Sandria, sangat berharap Yeyen Tumena yang ditunjuk sebagai pelatih interim skuat Garuda, bisa memaksimalkan talenta lokal saat menghadapi Malaysia pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Bukit Jalil, Selasa 19 November 2019.

Indonesia memanggil 23 pemain untuk menghadapi Harimau Malaya di laga kelima Grup G. Empat di antaranya merupakan pemain naturalisasi, yakni Greg Nwokolo, Otavio Dutra, Victor Igbonefo, dan Osas Saha.

Kehadiran keempat pemain tersebut diharapkan bisa menambah kekuatan tim Indonesia. Meski pada beberapa pertandingan sebelumnya, penampilan mereka terbilang belum maksimal.

Maka itu, Peri berharap Yeyen lebih memaksimalkan para talenta lokal. Dia menilai selama ini banyak talenta lokal yang jarang diberi kesempatan karena dinilai kalah saing dengan pemain naturalisasi.

Salah satunya Lerby Eliandry. Bomber Borneo FC itu lebih banyak dicadangkan lantaran kalah dari Alberto Goncalves. Pria 50 tahun itu berharap di laga nanti akan banyak pemain lokal yang masuk dalam starting line up.

"Dalam skuat Timnas saat ini terlalu banyak pemain naturalisasi. Jadinya pemain lokal yang bagus-bagus gak dapat kesempatan," kata Peri kepada VIVAnews.

Selain itu, Peri juga menyoroti kekompakan tim yang selama ini belum terjalin. Hal itu sangat penting mengingat di laga ini lawan Indonesia bukan tim sembarangan karena baru saja menumbangkan Thailand.

"Pemain yang diturunkan harus kompak. Mereka harus bisa ambil keputusan cepat di dalam lapangan. Apalagi Malaysia adalah tim yang ulet," ujar Peri.

"Jangan sering bongkar pasang pemain kalau mau bangun chemistry antar pemain," jelasnya.