Fakta Menarik dan Angka Identik Timnas Indonesia U-22 Vs Vietnam 

Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia U-22 bersua Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa 10 Desember 2019 dalam partai final SEA Games 2019 Filipina.

Indonesia melenggang ke partai puncak setelah mengalahkan Myanmar 4-2 di babak semifinal. Sementara itu, Vietnam menang besar atas Kamboja 4-0. 

Bagi Indonesia dan Vietnam, ini merupakan pertemuan kedua mereka di SEA Games 2019. Sebelumnya, kedua tim bentrok pada laga ketiga Grup B. Ketika itu, Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam 1-2.

Pertandingan Indonesia versus Vietnam di SEA Games 2019 akan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Terdapat sejumlah fakta menarik yang membalut laga tersebut.

Selain itu, ada angka-angka yang identik dari Indonesia dan Vietnam. Berikut VIVAnews merangkumnya:

- 21 dan 4 

Indonesia dan Vietnam sama-sama telah mencetak 21 gol di SEA Games 2019 mulai dari babak penyisihan hingga partai final. Di fase grup, Indonesia 17 kali membobol gawang lawan dan hanya dua kali kebobolan. 

Di laga semifinal, Indonesia sukses menambah empat gol, tapi jumlah kebobolan bertambah dua. Sementara itu, Vietnam di fase grup mencetak 17 gol dan kebobolan empat gol. Di babak semifinal, Vietnam mampu menambah empat gol tanpa kebobolan.

- 8 dan 9

Indonesia dan Vietnam sama-sama memiliki pencetak gol terbanyak yang mencetak delapan gol, yaitu Osvaldo Haay (Indonesia) dan Ha Duc Chinh (Vietnam). Selain itu, Indonesia dan Vietnam sama-sama memiliki sembilan pemain yang sudah mencetak gol di SEA Games 2019.

- Puasa 28 Tahun

Indonesia sudah lama tak meraih medali emas sepakbola di SEA Games. Terakhir kali Indonesia meraih emas pada SEA Games edisi 1991, atau 28 tahun yang lalu. Saat itu, Timnas Indonesia yang diperkuat Yusuf Ekodono, Widodo Cahyono Putro, Peri Sandia, dan lainnya mengalahkan Thailand 4-3 melalui adu penalti.

- Vietnam Lebih Lama Berpuasa

Jika dibandingkan dengan Timnas U-22, puasa gelar juara Vietnam jauh lebih lama. Terakhir kali mereka mengecap jadi yang terbaik masih dengan nama Vietnam Selatan pada 1959. 

- Bawa Emas ke Makam Orangtua

Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri bertekad untuk membawa medali emas ke makam orangtuanya. Indra mengaku, tidak sempat ‘berpamitan’ saat hendak berangkat ke Filipina bersama skuat Timnas U-22. Jadwal yang padat membuatnya tidak sempat mengunjungi makam sang orangtua.

- Sejarah Berpihak ke Indonesia

Ini menjadi final ketujuh Indonesia di SEA Games. Sebelumnya, Indonesia jejaki final SEA Games pada edisi 1979, 1987, 1991, 1997, 2011, dan 2013.

Dari enam kesempatan di partai final, Indonesia mampu menang dua kali yaitu pada SEA Games 1987 dan 1991. Sementara itu, Vietnam mampu lolos lima kali ke final, tapi The Golden Stars selalu tumbang.

Lihat Prediksi final SEA Games 2019 Indonesia vs Vietnam di bawah ini:

>