Gila, Bepe Disejajarkan dengan Ronaldo Korea dan Messi Iran

Penyerang Persija Jakarta, Bambang Pamungkas
Sumber :
  • Instagram/@persijajkt

VIVA – Siapa tak kenal dengan sosok Bambang Pamungkas, legenda hidup Persija Jakarta sekaligus Timnas Indonesia. Striker yang saat ini sudah berusia 39 tahun masih aktif bermain, bukan cuma dikenal di tanah air, tetapi juga di dunia internasional.

Menurut data rsssf.com, pemain yang akrab disapa Bepe ini adalah pemegang dua rekor di Tim Garuda. Ya, Bepe adalah pemain dengan penampilan terbanyak, dengan koleksi 87 caps. Selain itu, bintang yang pernah memperkuat EHC Norad (Belanda) dan Selangor FA (Malaysia) juga jadi pencetak gol terbanyak Tim Merah-Putih dengan catatan 38 gol.

Pada 2012 silam, Bepe pernah mencengangkan publik saat namanya masuk dalam daftar pemain terbaik versi media olahraga internasional ternama, ESPN. Saat itu, nama Bepe berada di urutan kelima, dan bersanding dengan beberapa nama besar Asia lain semisal Shinji Kagawa (Jepang), Yuto Nagatomo (Jepang), Ali Al-Habsi (Oman), dan Teerasil Dangda (Thailand).

Seperti yang diketahui, Kagawa adalah salah satu pemain Asia yang paling bersinar di Eropa. Ia pernah memperkuat Borussia Dortmund, Manchester United, dan Besiktas. Sementara itu, Nagatomo pernah membela Inter Milan sebelum akhirnya bergabung dengan raksasa Turki, Galatasaray.

Kini meski sudah berusia senja, Bepe kembali disejajarkan dengan beberapa bintang Asia yang tengah bersinar di Eropa. Lewat unggahan Instagram resmi AFC, salah satu foto Bepe disejajarkan dengan bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, serta winger lincah Zenit St. Petersburg, Sardar Azmoun.

Dengan tagar #FlashbackFriday, AFC mencoba membawa kita ke masa di mana para bintang ini masih belia. Selain Bepe, ada pula nama-nama besar Asia lain seperti Kagawa, Tim Cahill (Australia), dan Sunil Chhetri (India). 

"#FlashbackFriday saat para pemain bintang ini masih muda dan tak kenal rasa takut," bunyi pernyataan AFC di Instagram.

Sejak memulai karier pada 1999, Bepe sempat mengecap beberapa gelar. Bepe mampu membawa armada Macan Kemayoran dua kali meraih gelar juara Liga 1 (terhitung saat masih format Liga Indonesia) dan satu gelar Piala Presiden. Selain itu, Bepe juga sempat membawa Selangor meraih satu gelar juara Malaysia Premier, satu gelar Piala Malaysia, dan satu gelar Piala FA Malaysia.

Sayangnya, di ia belum mempersembahkan satu gelar pun buat Timnas Indonesia. Memulai kiprahnya bersama Timnas juga sejak 1999, Bepe hanya bisa membawa Timnas menjadi runner-up Piala AFF selama empat kali, pada 2000, 2002, 2004, dan 2010.

>