Terungkap, Alasan Persib Ganti Kiper di Akhir Pertandingan

Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan.
Sumber :
  • www.instagram.com/made_wirawan

VIVA – Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, mengambil keputusan menarik saat menghadapi Badak Lampung FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin 16 Desember 2019.

Jelang menit-menit akhir pertandingan, pelatih asal Belanda ini mengganti penjaga gawang I Made Wirawan dengan Dhika Bayangkara. Keputusan tersebut, kata Robert, bukan tanpa alasan.

Robert menilai, keputusannya itu untuk memberi kesempatan Dhika memulai debutnya bersama skuat Maung Bandung. Sebab, selama ini Dhika selalu akrab dengan bangku cadangan.

"Karena Dhika layak untuk bermain dan Made sudah melewati musim dengan baik terutama di putaran kedua," kata Robert setelah laga.

Eks pelatih PSM Makassar ini, tak segan memuji performa I Made yang tampil konsisten di usia yang sudah menginjak 38 tahun. Robert mengibaratkan sosok I Made layaknya kiper Juventus, Gianlugi Buffon.

"Dia seperti Buffon di Italia, semakin matang di usianya sekarang dan Dhika juga harus mulai bersiap untuk musim depan," ungkapnya.

Dia menuturkan, setelah timnya unggul 2-0, dirinya enggan mengambil resiko dengan melakukan pergantian di posisi kiper. Namun, setelah unggul 3-0 Robert akhirnya menarik keluar I Made.

"Saya rasa Dhika pantas untuk berdiri di lapangan dan merasakan antusiasme dengan menjadi bagian dari tim. Ini juga bagus untuk masa depan Dhika," jelasnya.

Laga sendiri berakhir untuk keunggulan Persib Bandung dengan skor telak 4-0. Empat gol kemenangan Persib dicetak Nick Kuipers menit 58, Esteban Vizcarra '90 dan brace Ezechiel N'Douassel menit '48, '84.