Persela Buka Peluang Pertahankan Deretan Darah Muda

Pemain Persela Lamongan, Riyanto Abiyoso.
Sumber :
  • VIVAnews/Rahmad Noto

VIVA – Penampilan cemerlang pemain muda Persela Lamongan di Liga 1 2019, membuka peluang untuk tetap dipertahankan musim depan. Tercatat, sedikitnya ada lima pemain muda Laskar Joko Tingkir yang bersinar.

Di lini belakang, ada tiga pemain berusia 24 tahun yang posisinya nyaris tak tergantikan. Yaitu, M. Zaenuri, Arif Satria dan kapten tim Birrul Walidain.

Birrul mencatakan waktu terbanyak bermain dengan total 2.442 menit dari 30 kali penampilan. Disusul Zainuri dengan total waktu bermain 2.315 menit dari 26 laga.  Sedangkan Arif Satria yang kabarnya sedang dilirik Persebaya juga mencatatkan waktu tak bermain tak sedikit, yaitu 1.849 menit dari 24 laga.

Meski bertatus pemain belakang, ketiganya juga menyumbang gol. Zainuri menyumbang tiga gol. Disusul Birrul dua gol dan Arif Satria satu gol. Gol Arif Satria ke gawang Bali United sempat heboh karena dicetak melalui tendangan roket dari separuh lapangan.

Di lini tengah, ada empat pemain muda Persela yang bersinar. Mulai dari Malik Risaldi (23 tahun), Delvin Rumbino (24 tahun), Achmad Baasith (23 tahun) dan Riyanto Abiyoso (20 tahun).

Nama Abiyoso bersinar di dua laga pemungkas setelah mencetak dua gol beruntun saat melawan Tira Persikabo dan Semen Padang. Pemain asal Jawa Tengah ini tercatat sebagai pemain termuda Persela yang tampil di Liga 1.

Sedangkan di lini depan, Persela mengorbitkan tiga darah muda. Hambali Tholib (19 tahun), Sugeng Efendi (21 tahun) dan M. Ridwan (19 tahun). Sugeng Efendi mencatakan waktu bermain terbanyak dengan 31 pertandingan dan menyumbang empat gol.

Performa moncer para pemain muda ini membuat  CEO Persela Lamongan Yuhronur Efendi  gembira. Sebab, meski minim pengalaman mereka  punya kontribusi penting, tidak hanya  para pemain asing. “Tentu kami senang mereka punya kontribusi pada tim," ujarnya.  

Terkait kemungkinan pemain muda akan bertahan di Persela musim depan, Yurohnur masih menunggu evaluasinya detail dari pelatih Nilmaizar.

"Harapannya seperti itu (bertahan). Meski kita sudah punya penilaian sendiri, pelatih lebih mengerti dengan kebutuhan dan strategi musim depan. Yang pasti manajemen ingin lebih baik," kata Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lamongan ini.


Rapor Pemain Muda Persela

Pemain               Menit    Pertandingan    Gol
Birrul Walidain     2442      30                       2
Zaenuri               2315      26                       3
Delvin Rumbiro  2035       31                      1
Arif Satria          1849       24                       1
Sugeng Efendi   1790      31                       4
Malik Risaldi      1371      26                       2
Riyanto Abiyoso 291       10                       2
Hambali Tolib     498       12                       1
M. Ridwan         133         8                        1