PSSI Kena Sanksi Berlapis FIFA, Denda Miliaran Rupiah

Laga kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia kontra Vietnam
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – PSSI harus menerima kenyataan mendapatkan sanksi berlapis dari FIFA. Sanksi ini dijatuhkan FIFA karena adanya insiden saat Timnas Indonesia bertandang ke Stadion Bukit Jalil, Malaysia, pada kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sanksi yang dijatuhkan FIFA kepada PSSI adalah denda sebesar 200 ribu franc Swiss atau setara Rp2,8 miliar. Hukuman lainnya, laga Timnas Indonesia melawan Uni Emirat Arab pada 31 Maret 2020, dalam kualifikasi Piala Dunia 2022, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, harus digelar tanpa penonton.

Hukuman berlapis ini dijatuhkan FIFA karena insiden yang terjadi dalam laga Malaysia kontra Indonesia di Stadion Bukit Jalil, 19 November 2019.

Pada pertandingan itu, suporter Timnas menyalakan kembang api, melempar benda berbahaya, hingga melakukan perusakan.

Kemudian, adanya tindakan pemain dan ofisial Timnas yang mengulur waktu kickoff juga jadi pertimbangan.

"Kenyamanan, ketertiban, dan keamanan, pada pertandingan, dilanggar dengan menyalakan kembang api, melempar benda, merusak, mengganggu ketertiban. Hingga perilaku buruk pemain dan ofisial menyebabkan kickoff pertandingan tertunda," begitu keterangan FIFA.

Di sisi lain, Malaysia juga kena sanksi FIFA. Itu dikarenakan ulah suporter Malaysia yang mengintimidasi Timnas. Atas ulah suporter, Malaysia didend 50 ribu franc Swiss.