Optimisme Pelatih Baru Sriwijaya Wujudkan Target Tinggi Musim 2020

Latihan perdana Sriwijaya FC menyambut musim 2020
Sumber :
  • VIVAnews/Sadam Maulana

VIVA – Sukses membawa Persik Kediri juara Liga 2 2019, sekaligus promosi ke kompetisi Liga 1, Budiardjo Thalib dibebani target tinggi kala dipercaya membesut Sriwijaya FC.

Juru taktik asal Makassar itu, dituntut mampu menularkan kesuksesannya bersama Macan Putih ke Sriwijaya. Tangan dingin Budiardjo diharapkan bisa mengantarkan Laskar Wong Kito kembali ke kasta tertinggi.

Di mana pada musim lalu, Sriwijaya gagal promosi ke Liga 1 meski telah mampu menembus hingga ke babak playoff. Sriwijaya FC harus puas kembali berkompetisi di kasta kedua usai ditaklukkan Persiraja Banda Aceh, 0-1.

Berkat kegagalan itu pula, manajemen Sriwijaya tidak memperpanjang kerjasama dengan pelatih Kas Hartadi. Sebagai gantinya, manajemen menujuk Budiardjo Thalib. Tak hanya itu, hampir semua pemain Sriwijaya musim lalu juga didepak.

Dari skuat musim lalu, hanya tersisa kapten tim, Ambrizal, yang memperpanjang masa baktinya. Selebihnya, komposisi pemain Laskar Wong Kito merupakan rekrutan baru sesuai rekomendasi sang pelatih.

Kendati pemain yang direkrut sesuai keinginan Budiardjo, namun ada masalah besar yang harus segera dia selesaikan. Masalah itu ialah membangun chemistry pemain yang baru disatukan dari berbagai tim.

Budiardjo sendiri mengakui bahwa sejak memulai latihan perdana pada Senin, 20 Januari 2020, timnya belum terlihat padu. Hal inilah yang harus dia selesaikan agar Sriwijaya mampu tampil solid ketika kompetisi sudah dimulai.

"Pada awal latihan ini kita sedang membangun kekompakan tim. Memang tidak mudah. Apalagi semua pemain di tim ini merupakan rekrutan baru," kata Budiardjo Thalib, Kamis, 23 Januari 2020.

Berbeda dari musim sebelumnya, Sriwijaya pada musim ini memang tidak terlalu mengejar tanda tangan pemain bintang. Meski begitu, Budiardjo menjamin pemain yang direkrut sesuai kebutuhan tim dan mampu bersaing.

Dari posisi penjaga gawang, Sriwijaya punya nama berpengalaman. Dia adalah mantan pemain Persebaya Surabaya, Imam Arief Fadillah.

Kemudian di lini belakang, Sriwijaya bakal diperkuat pemain kunci Persik Kediri juara Liga 2, Obet Choiri, dan Fatkhur Ari Kusumawardani. Tak hanya itu, Sriwijaya juga turut merekrut Tedi Berlian.

Di lini tengah, Sriwijaya bakal mengandalkan sejumlah pemain berpengalaman di Liga 2, di antaranya, Dedi Irwandi, Suandi, Dwi Andika Cakra Yudha, Hari Habrian, Imam Bagus Kurnia dan Rahel Radiansyah.

Sementara di lini depan, mantan juru gedor Persik, Sandrian Tuslin, bakal berkolaborasi dengan eks Tim Nasional Indonesia, Mario Aibekob. Lini serang Elang Andalas juga masih memiliki Rudiyana, pemain binaan Persib Bandung.

"Saya sangat tertantang untuk membawa Sriwijaya kembali ke Liga 1. Saya sendiri sangat optimis bisa mewujudkan target dari manajemen," ujar Budiardjo.