Kontrak Spesial Witan Sulaeman di Klub Serbia, Bebas Ikut TC Timnas

Gelandang timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kini, semakin bertambah jumlah pemain muda Indonesia yang berkarier di Eropa. Terbaru, ada Witan Sulaeman yang merumput di Benua Biru.

Jebolan SKO Ragunan itu memilih untuk meneruskan kariernya di Serbia bersama dengan FK Radnik Surdulica. Dia menjadi pemain ketiga Tanah Air yang diberi kontrak profesional oleh klub Eropa setelah Egy Maulana Vikri dan Firza Andika.

Diungkapkan oleh agen dari Witan, Dusan Bogdanovic, proyek ini sudah direncanakan sejak lama. Sebab, dia melihat potensi besar dari pemain 18 tahun itu untuk bisa melanjutkan karier di luar Indonesia.

"Witan dikontrak tiga setengah tahun di tim senior atau tim utama. Saya melihat potensi pemain Indonesia memang bisa bermain di Eropa," ujar Bogdanovic kepada wartawan.

"Sebenarnya saya kerja untuk proyek Witan ini sudah satu tahun lebih dengan pak Raden Isnanta dan semua mendukung bersama juga Menpora sama seperti saat saya promosikan Egy ketika itu," jelas dia.

Lebih lanjut, Bogdanovic juga menegaskan jika sebenarnya eks penggawa PSIM Yogyakarta itu sempat terpikir untuk bermain di Polandia. Hanya saja, pada akhirnya dia memilih Serbia setelah menimbang beberapa faktor.

"Witan sebenarnya ada beberapa opsi untuk ke Polandia. Namun keputusan terakhir memilih ke Serbia karena kompetisi memang jauh dengan Polandia," kata Bogdanovic.

"Saya juga ingin membuka banyak jaringan untuk pemain Indonesia dan Witan memang ingin bergabung di klub Serbia itu untuk batu loncatan dalam kariernya," lanjut dia.

Bergabung dengan klub Eropa, Witan menghadapi dilema untuk bisa mengikuti pemusatan latihan jika dipanggil membela Timnas Indonesia, seperti yang dialami oleh Egy. Soal itu, Bogdanovic menjamin jika Witan sudah diberi jaminan untuk bisa ikut TC.

"Dalam kontrak, saya sudah meminta kepada klub pada saat persiapan Piala Dunia U-20. Ketika TC, Witan harus diizinkan untuk ikut berlatih," jelasnya.