Duel Penentu Kontra Persebaya, MU Bakal Rotasi Pemain

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan (tengah).
Sumber :
  • VIVAnews / Rahmad Noto

VIVA – Duel sengit bakal terjadi antara Madura United melawan Persebaya Surabaya dalam laga terakhir babak penyisihan Grup A Piala Gubernur Jawa Timur di Stadion Gelora Bangkalan, 14 Februari 2020. Dua tim dipastikan saling jegal untuk merebut satu tiket semifinal jika tidak ingin bergantung pada hasil pertandingan lainnya, Bhayangkara FC vs Persik Kediri.

MU yang mengumpulkan poin 4 butuh hasil imbang melawan Persebaya. Sedangkan Persebaya yang mendulang tiga poin lebih sulit karena harus menang jika ingin lolos semifinal.

Pelatih MU, Rahmad Darwaman, mengatakan justru menyukai situasi seperti ini. Sebab, tekanan akan memperlihatkan bagaimana mental pemain sesungguhnya di lapangan nanti.

“Situasi ini nanti kita alami di kompetisi Liga 1. Bagaimana tidak boleh kebobolan, harus menang dan lainnya. Ini bagus untuk menguji mental para pemain," ujar pelatih yang akrab dipanggil RD ini.  

Dipastikan RD, menghadapi Persebaya timnya akan melakukan rotasi meski butuh poin untuk lolos ke semifinal. Sebab, jarak dua hari pertandingan tidak memungkinkan pemain untuk selalu tampil di setiap laga.

"Tidak ada rahasia. Pemain yang bermain dengan menit cukup panjang di laga kedua melawan Persik, akan kita rotasi. Tapi kita tetap fight untuk mengejar tiket semifinal, " ujarnya.

Diakui RD, untuk menghadapi Persebaya para pemain MU dituntut lebih memiliki kreativitas di lapangan. Sebab, tim berjuluk Bajul Ijo dianggapnya lebih berbahaya dibandingkan Bhanyangkara yang bermain imbang melawan MU, 1-1.

"Bhayangkara dan Persebaya sangat kuat dalam compact defence dan mengandalkan counter attack. Namun Persebaya lebih banyak variasi, jadi kita harus banyak antisipasi, " ucapnya. (ase)