Ogah Tuan Rumah, Persebaya Uji Nyali di Kandang Arema

Pemain Persebaya Surabaya rayakan gol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saiful Bahri/wsj.

VIVA – Persebaya Surabaya melepas peluang menjadi tuan rumah babak semifinal Piala Gubernur Jawa Timur 2020. Sebaliknya, tim Bajol Ijo justru memilih bertanding di kandang rival, Arema FC.

Padahal, kesempatan Persebaya bisa menjadi tuan rumah cukup besar karena berstatus juara Grup A. Sesuai regulasi, juara grup punya prioritas untuk menjadi tuan rumah.

Sedangkan Madura United yang menjadi runner up Grup A juga tidak siap menggelar laga semifinal, meski sudah menjadi tuan rumah di babak penyisihan.

Sekretaris Asosiasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Provinsi Jatim, Amir Burhannudin, mengatakan dua laga semifinal Piala Gubernur Jatim akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin 17 Februari 2020.

"Persebaya tidak mengajukan diri dan Madura tidak siap, dua pertandingan babak semifinal kita putuskan digelar di Malang," ujarnya.

Di babak semifinal, Persebaya masih menunggu lawan antara Persija atau Arema. Keduanya masih akan bertanding untuk memperebutkan posisi juara Grup B, Sabtu 15 Februari 2020.

Saat ini, Persija masih berada di puncak klasemen Grup B dengan keunggulan selisih gol. Jika Arema bisa mengalahkan Persija, maka Persebaya akan menghadapi Persija di babak semifinal.

Namun, jika Arema kalah atau imbang, maka akan duel dengan Persebaya di semifinal. "Tidak ada masalah, bertemu siapa saja dan main di mana saja, kita siap. Biasa saja,  " ujar Pelatih Persebaya, Aji Santoso.