Menanti Hasil Swab Test, Program Latihan Timnas Indonesia Diubah

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Program latihan Timnas Indonesia senior dan U-19 harus diubah. Rencananya mereka baru akan memulai program latihan pada Sabtu 1 Agustus 2020 mendatang.

Padahal anak asuh Shin Tae-yong sudah dikumpulkan di Jakarta sejak Kamis 23 Juli 2020. Dari sana mereka langsung menjalani swab test sesuai protokol kesehatan yang dibuat.

(Baca juga: Timnas Indonesia Jalani Protokol Ketat Sebelum TC)

Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan, perubahan jadwal latihan ini karena sambil menanti hasil swab test keluar. Meski mundur, namun dia yakin semua program bisa dijalankan.

"Pelatih Shin Tae-yong menyiapkan program latihan perdana di lapangan pada 1 Agustus 2020 mendatang," tutur Yunus, dikutip dari laman resmi PSSI.

Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi mengatakan semua pemain tetap berada di hotel hingga hasil swab test keluar. Waktu yang ada digunakan oleh tim dokter Timnas Indonesia untuk melakukan latihan simulasi protokol kesehatan.

"Pemain akan melakukan kegiatan di hotel sambil menunggu hasil swab test yang kira-kira akan keluar tiga atau empat hari usai swab test dilakukan," ujar Syarif.

(Baca juga: Shin Tae-yong Tiba di Jakarta, Kapan Timnas Mulai Latihan?)

"Kami (tim dokter PSSI) akan melakukan perbaikan nutrisi kepada pemain terutama kebiasaan saat mereka makan. Sambil menunggu hasil swab test, kami melakukan simulasi latihan dengan protokol kesehatan di hotel sebelum dilakukan latihan perdana," imbuhnya.