Antisipasi Suporter ke Stadion, Arema Libatkan Keamanan

Aremania
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – PSSI telah memutuskan Liga 1 kembali bergulir pada 1 Oktober 2020 mendatang. Kompetisi bakal kembali dilanjutkan dan dipusatkan di Jawa. Tim-tim kontestan semua diminta untuk mempersiapkan semua prosedur sesuai standar protokol kesehatan COVID-19. 

Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris mengatakan pihaknya selama ini rutin melakukan perawatan Stadion Kanjuruhan, Malang. Pada lanjutan Liga 1 2020 Arema FC memutuskan tetap berkandang di Stadion Kanjuruhan. 

"Kami tetap dengan standar operasional prosedur. Ada penyiraman disinfektan ada penyemprotan pestisida, pemupukan dan pemotongan rumput tiap lima hari sekali," kata Abdul Haris, Rabu, 29 Juli 2020. 

Penyemprotan disinfektan dilakukan hingga lorong-lorong Stadion Kanjuruhan. Mulai dari ruang ganti pemain, kursi VIP, hingga kursi pemain. Hal lain yang menjadi perhatian khusus panitia pelaksana pertandingan adalah faktor keamanan.

Karena meski tanpa penonton, keberadaan petugas keamanan dianggap cukup penting untuk mengantisipasi kehadiran suporter. Apalagi kultur suporter di Indonesia, meski ada larangan tanpa suporter biasanya mereka tetap memberikan dukungan dengan nyanyian semangat di luar stadion. 

"Iya tetap melibatkan TNI, Polri dan Match Steward. Untuk sterilisasi tempat saat pertandingan. Iya untuk mengantisipasi kedatangan suporter juga," ujar Abdul Haris.