Piala Dunia U-20, Risma Temui Menpora Jelang Kunjungan FIFA

Wali kota Surabaya, Tri Rismaharini, bersama Menpora, Zainudin Amali
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Wali kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan, bahwa Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) akan melakukan peninjauan stadion untuk Piala Dunia U-20 2021 pada September 2020.

Hal tersebut disampaikan Risma seusai bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, untuk menyampaikan kesiapan Surabaya dan Stadion Gelora Bung Tomo sebagai salah satu tempat pertandingan.

Menurut Risma, Stadion Gelora Bung Tomo sedang mengerjakan sejumlah perbaikan agar memenuhi standar FIFA. Sejumlah perbaikan itu antara lain adalah pemasangan single seat dan renovasi lampu pertandingan.

"Nanti ada kunjungan FIFA bulan September. Saat itu, stadion utama sudah siap 90 persen," kata Risma, dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kamis 6 Agustus 2020.

Risma menambahkan, Surabaya berencana menambah 3 lapangan latihan tambahan. Namun, lapangan latihan tersebut nantinya tidak hanya digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Ia mengatakan, setelah Piala Dunia U-20, lapangan latihan berstandar internasional itu bisa disewakan dan berguna bagi sekolah sepakbola di Surabaya. "Kami punya 84 sekolah sepakbola dan banyak sekali anak-anak tertarik pada sepakbola," ujarnya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali, memastikan, masalah bau sampah di sekitar Gelora Bung Tomo bukan merupakan masalah.  Hal itu, sudah ia buktikan ketika mengunjungi Gelora Bung Tomo saat pembukaan Liga 1 pada akhir Februari lalu.

"GBT sudah siap, tidak ada masalah lagi soal lingkungan beres. Jadi, itu bukan masalah dan sudah tidak ada bau lagi," kata Zainuddin.

Selain bau sampah, akses jalan menuju Gelora Bung Tomo juga menjadi fokus perbaikan sarana. Risma menambahkan, pihaknya tak hanya akan melebarkan jalan yang sudah ada.

"Kita membuat jalan baru dari arah jalan tol. sudah hampir selesai, tinggal yang dibuat Pelindo 400 meter mungkin sekitar Januari selesai," ucap Risma.

Piala Dunia U-20 rencananya akan digelar mulai 20 Mei hingga 12 Juni 2021. Bagi Indonesia, ini adalah kali pertama terpilih sebagai tuan rumah turnamen sepakbola berskala dunia.

Baca Juga:

Piala Dunia U-20, Pemerintah Inspeksi Stadion Kapten I Wayan Dipta

Plt Sekjen PSSI Sampai Piala Dunia U-20, Berlawanan dengan Isi Statuta

Timnas U-19 Dapat Rp50,6 Miliar, Ketum PSSI Tersenyum Manis