LIB Berikan Subsidi Tambahan buat Tuan Rumah Liga 2 2020

Irjen Pol (P) Drs. Sudjarno, Direktur Operasional PT LIB
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Direktur Operasional PT. Liga Indonesia Baru, Sudjarno, mengatakan bakal memberikan subsidi tambahan sebesar Rp200 juta pada tim yang menjadi tuan rumah Liga 2 2020. Diharapkan, bantuan tersebut membantu meringankan beban klub yang bertindak sebagai penyelenggara pertandingan.

"Masing-masing klub itu kan beda kebutuhannya. Jadi, kami memberikan Rp200 juta secara utuh kepada setiap tuan rumah. Jumlahnya sama buat seluruh tuan rumah," ujar Sudjarno saat dihubungi wartawan.

Ditambahkan Sudjarno, pihaknya tak cuma memberikan subsidi pada klub yang menjadi tuan rumah saja. Klub-klub lain juga diberikan tambahan sokongan dana untuk meringankan beban transportasi guna menuju lokasi tuan rumah.

"Kami juga berikan bantuan transportasi. Paling kecil dari Pulah Jawa ke Pulau Jawa itu sekitar Rp20 juta. Paling besar dari Papua ada yang Rp75 juta, ada yang Rp125 juta. Nilainya disesuaikan dengan daerah klub tersebut," ucap Sudjarno.

Di sisi lain, tambahan subsidi yang diberikan disambut baik oleh PSPS Pekanbaru yang menjadi tuan rumah Grup C. Menurut kubu PSPS, bantuan dana tersebut meringankan beban pengeluaran lantaran tak diizinkannya penonton hadir ke stadion.

"Lumayan membantu tuan rumah pastinya. Tapi kalkulasi pastinya ada di pihak panpel kita. Yang jelas subsidi tambahan itu sangat membantu," kata Media Officer PSPS, Teza Taufik.

Seperti diketahui, Liga 2 2020 bakal segera bergulir kembali pada Oktober mendatang menggunakan format yang disesuaikan dengan situasi pandemi virus corona COVID-19.

Dengan situasi saat ini, penyelenggaraan kompetisi kasta kedua Tanah Air itu akan menggunakan sistem home tournament dengan format single round robin.

Artinya, setiap tim akan bertemu cuma sekali pada fase grup. Delapan klub terbaik dari empat grup yang ada bakal melaju ke babak perempat final.

Nantinya, delapan tim yang lolos akan dibagi lagi menjadi dua grup. Empat tim terbaik berhak tampil di semifinal.

Untuk semifinal dan final kembali menggunakan format single match. Lokasinya kemungkinan besar digelar di Pulau Jawa.

Baca juga: Hasil Undian Liga 2 2020: 3 Calon Juara Tergabung di Grup D