Sosok Perempuan di Balik Invasi Pemain Muda Brasil ke Liga 1

Vanessa Alves, agen dari pemain muda Brasil
Sumber :
  • instagram.com/coachvanessaoliveira

VIVA – Invasi pemain muda asal Brasil ke Liga 1 membuat publik penasaran. Karena PSSI yang disebut oleh klub-klub sebagai pemilik proyek ini mengeluarkan bantahan.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri menegaskan tidak ada hubungan pihaknya dengan kedatangan lima pemain muda asal Brasil ke Arema FC, Persija Jakarta, dan Madura United.

(Baca juga: Pemain Muda Brasil Terhalang Aturan Ketat Transfer Liga 1)

Sedangkan Presiden Madura United, Achsanul Qosasi dan pelatih Persija, Sergio Farias secara jelas menyebut para pemain tersebut cuma dititipkan oleh PSSI. Lalu muncul dugaan ada upaya PSSI menaturalisasi mereka guna memperkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021.

Mendatangkan pemain asing dari Brasil tentu saja membutuhkan uang yang tidak sedikit. Agen dari mereka harus mengeluarkan uang transportasi dan akomodasi selama berada di Indonesia.

VIVA coba menelusuri siapa agen dari para pemain ini. Dari dokumen pemain muda yang kini berlatih bersama Madura United, Roberth Junior Rodrigues Santos, diketahui dia tergabung dengan TFE Assessoria Sportiva.

Agensi pemain asal Brasil itu tidak memiliki rekam jejak terakreditasi FIFA yang bisa diakses di laman Transfemarkt. Namun, dari media sosial, bisa dilihat beberapa kegiatannya.

(Baca juga: Total Hadiah Liga 1 2020 Rp2,2 Miliar)

TFE nampaknya fokus dalam melakukan pembinaan pemain muda Brasil. Mereka memberi menu latihan sendiri, utamanya fokus pada segi fisik.

Tak heran jika TFE lebih fokus pada segi fisik. Karena pendirinya, Vanessa Alves adalah seorang pelatih fisik. Nama perempuan berusia 38 tahun itu juga tercantum sebagai promotor kedatangan Roberth Junior ke Madura United.