Siapa Pemilik Terakhir Nomor Punggung 12 di Persija?

Jakmania Persija
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Beberapa klub ada yang mempensiunkan nomor punggung pemain. Biasanya, itu dilakukan untuk menghormati jasa dan kontribusi pemain bintang.

Langkah sedikit berbeda dilakukan Persija Jakarta. Macan Kemayoran mempensiunkan nomor punggung 12 untuk menghormati loyalitas suporter mereka, Jakmania.

Hal tersebut terjadi saat era Sutiyoso atau tepatnya saat IGK Manila menjadi manajer Persija. Saat itu Manila berinisiatif untuk memberikan nomor 12 untuk Jakmania. Praktis tidak ada pemain hingga kini yang bisa menggunakan nomor ini. Beberapa lain yang ingin menggunakan nomor 12 pun harus menghormati keputusan klub dan akhirnya menggunakan nomor lain.

“Ada satu kenangan yang tidak bisa dilupakan Jakmania saat (Pak) Manila memanajeri Persija. Saat itu dicanangkan nomor punggung 12 tidak boleh dipakai lagi oleh pemain Persija karena nomor punggung itu diberikan sebagai penghormatan untuk Jakmania,” kata Direktur Olahraga Persija, Ferry Paulus dilansir situs resmi klub,

Lalu menariknya siapa pemain terakhir yang menggunakan nomor punggung 12? Jawabannya adalah Harianto. Dia pernah memperkuat Persija pada 1998.

Harianto merupakan pemain yang bersinar di Persik Kediri. Dia membawa Macan Putih juara Divisi Utama Liga Indonesia pada 2003 dan 2006. Harianto memang dikenal sebagai pemain yang sering menggunakan nomor 12 di setiap klub yang ia bela.

“Harianto pemain terakhir nomor punggung itu setelah itu tidak ada lagi pemain lain karena nomor itu memang didedikasikan untuk Jakmania,” tambah Ferry.

Baca juga:

Buka Celana Usai Main Bola, Lutfi Agizal Diserang dengan Kata 'Anjay'

Polling VIVAbola: Messi Bisa ke ManCity, Inter Milan, atau Persija

Bek Persija Bicara Kondisi Fisik Usai Latihan Sepekan