Tanda Tangani MoU dengan BNPB, Liga 1 dan IBL Siap Bergulir Oktober

Ketum PSSI Iwan Bule yang juga menjadi manajer Timnas Indonesia U-19.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Indonesian Basketball League (IBL) baru saja menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Hal itu dilakukan sebagai pedoman penyelenggaraan olahraga yang aman dari COVID-19.

Agenda tersebut dilaksanakan secara virtual. Selain Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Menpora Zainudin Amali, Kepala BNPB Doni Monardo, Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dan Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih juga turut hadir dalam acara tersebut.

Nota kesepahaman ini dibuat dengan tujuan memastikan seluruh kegiatan selama kompetisi bergulir, termasuk latihan, menjalankan protokol kesehatan dan mendapat pengawasan dari dinas kesehatan setempat.

"Olahraga menjadi salah satu daya tarik setiap bangsa. Kami akan memberikan fasilitas untuk melanjutkan kompetisi," kata Doni.

"Pertandingan olahraga penting, tapi kesehatan baik pemain maupun ofisial harus jadi prioritas kita," lanjutnya.

Doni menekankan sebelum kompetisi kembali digulirkan, pihak penyelenggara wajib memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik agar tak timbul klaster baru dari pertandingan olahraga.

Di sisi lain, Iriawan menerangkan kembalinya kompetisi sebagai bagian dari persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

"Negara-negara lain sudah melanjutkan kompetisi, terutama di Eropa. Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2021 tentu harus melanjutkan kompetisi. Hampir semua negara ASEAN juga sudah menjalankan liga. Ini alasan kami untuk tetap melanjutkan Liga 1 dan Liga 2," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala BNPB dan berbagai pihak untuk komitmen dalam penyelenggaran kegiatan kompetisi sepakbola. Ia berpesan untuk penyelenggaraan kompetisi tanpa dihadiri para penonton mengingat masih adanya penyebaran Covid-19.

“Dengan pergertian dan pengalaman sangat tinggi dan arahan Pak Doni jelas. Ini harus menjadi komitmen bersama. Pemerintah sekuat tenaga menanggulangi pandemi ini sehingga tidak terjadi klaster baru dari kegiatan ini,” tutur Zainudin Amali.

Rencananya, Liga 1 dan Liga 2 akan dimulai lagi pada Oktober 2020 mendatang. Pun dengan gelaran IBL yang bakal berjalan lagi di bulan yang sama.