Mau Gulirkan Liga 1, PSSI Tunggu Izin dari Kapolri

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku bersyukur sudah mengantongi surat rekomendasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Setelah ini, pihaknya akan bergerak untuk meminta izin ke Kapolri untuk menggelar lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020, Oktober mendatang.

Seperti diketahui, PSSI baru saja menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan BNPB yang didapat langsung dari Kepala BNPB, Doni Monardo, sebagai pedoman penyelenggaraan olahraga yang aman dari COVID-19. Kendati demikian, penyelenggaraan kompetisi baru bisa berjalan ketika pihak Kepolisian sudah mengeluarkan izin.

"Alhamdulillah bapak merekomendasikan kelanjutan Liga 1 dan Liga 2. Publik sudah menunggu dan Insya Allah MoU ini akan kami bawa ke Kapolri untuk pemberian izin yang akan dilakukan pihak kepolisian kepada kami," ujar Iriawan dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis 17 September 2020.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu juga menerangkan jika persiapan kompetisi yang rencananya bergulir sejak awal Oktober itu berjalan dengan lancar. Operator dan klub sudah membahas soal jadwal dan lokasi pertandingan serta hal-hal teknis lainnya.

"PSSI dan LIB selaku operator akan kembali melanjutkan kompetisi yang tertunda. Para peserta klub sudah kami bagikan buku-buku protokol kesehatan. Di mana semua harus mengikuti apa yang menjadi arahan kepala BNPB, termasuk tanpa penonton dan melakukan tes swab," tutur Iwan Bule.

Rencananya, Liga 1 dimulai pada 1 Oktober di Yogyakarta dengan mempertemukan PSS Sleman dengan Persebaya Surabaya. Sementara Liga 2 digelar 17 Oktober dengan 24 peserta, dibagi jadi empat grup, di empat tuan rumah.