Comeback Luar Biasa, Timnas U-19 Kalahkan Qatar

Skuad Timnas Indonesia U-19.
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Tim nasional Indonesia U-19 menghadapi Qatar U-19 dalam pertandingan uji coba di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kroasia, Kamis malam WIB, 17 September 2020. Di laga tersebut, comeback luar biasa timnas U-19 sukses membuat Qatar U-19 kalah.

Selepas kick off, timnas U-19 langsung mengambil inisiatif penguasaan bola. Sedangkan, Qatar U-19 mencoba tampil lebih tenang dalam meredam gempuran timnas U-19.

Baca Juga: Saling Berbalas Gol, Duel Timnas U-19 Vs Qatar Masih Sama Kuat

Laga baru berjalan 2 menit, Indonesia U-19 memiliki peluang emas untuk unggul cepat. Sayangnya, sundulan dari Irfan Jauhari masih bisa diblok oleh kiper Qatar U-19, Youssef Balideh.

Keasyikan menyerang, pertahanan Indonesia U-19 menjadi lowong. Pada menit 12, Mohammed Al Mehairi sukses menceploskan bola ke gawang Indonesia U-19 yang dikawal Adi Satryo.

Akan tetapi, keunggulan Qatar U-19 tak berlangsung lama setelah Indonesia U-19 mendapatkan hadiah penalti pada menit 17. Eksekusi yang diambil Brylian Aldama sukses membuat skor menjadi 1-1.

Sepuluh menit berselang, Indonesia U-19 nyaris saja berbalik unggul. Namun, sepakan kaki kanan yang dilepaskan Irfan Jauhari masih bisa ditepis oleh kiper Qatar U-19.

Pada menit 30, timnas U-19 mencoba opsi lain untuk membobol gawang Qatar U-19. Akan tetapi, tendangan spekulasi Witan Sulaiman arahnya masih jauh dari sasaran.

Timnas U-19 kembali memperoleh peluang emas pada menit 41. Sayangnya, umpan matang Witan Sulaiman gagal dimaksimalkan dengan baik Supriadi yang mendapat tekanan dari pemain bertahan Qatar U-19.

Dalam waktu yang tersisa, kedua tim saling berbalas serangan. Namun, hingga peluit panjang tanda turun minum, tak ada lagi gol yang tercipta. Skor 1-1 harus diterima kedua kubu di babak pertama.

Usai jeda, Indonesia U-19 tetap tampil seperti di paruh pertama. Sedangkan, Qatar U-19 berupaya mengubah pola serangan mereka dengan lebih sering mengandalkan umpan silang.

Di awal-awal babak kedua, timnas U-19 langsung mengejutkan Qatar. Sayangnya, tendangan keras Brylian Aldama pada menit ke-49 yang dilepaskan dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Qatar U-19.

Pada menit ke-50, Indonesia U-19 sebenarnya mampu membobol gawang Qatar U-19 lewat aksi Komang Teguh. Akan tetapi, gol tersebut dianulir wasit karena Komang Teguh sudah terjebak dalam posisi offside.

Di menit 69, pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong, melakukan perubahan strategi dengan memasukkan Beckham Putra untuk menggantikan kapten David Maulana.

Menit 75, Arhan Rifai nyaris mencetak gol indah. Namun, tembakan melambungnya dari sisi sulit hanya mengarah di atas mistar gawang Qatar U-19.

Upaya Indonesia U-19 untuk mencetak gol akhirnya terwujud pada menit ke-83 usai memanfaatkan kesalahan pemain Qatar U-19. Adalah Supriadi yang sukses menceploskan bola ke gawang Qatar U-19 setelah menerima umpan manis dari Beckham Nugraha.

Baca Juga: Pemain Timnas Indonesia U-19 Kembali Peras Keringat

Di sisa waktu yang ada, Qatar U-19 semakin agresif dalam melancarkan serangan. Situasi tersebut membuat Indonesia U-19 dipaksa bertahan total.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Timnas U-19 sukses mempertahankan keunggulan 2-1 atas Qatar U-19.

Susunan pemain

Indonesia U-19: Adi Satryo (PG); Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Arhan Rifai, David Maulana (Beckham Nugraha 69'), Brylian Aldama, Witan Sulaiman, Supriadi, Irfan Jauhari (Bahril Faresa 79'), Braif Fatari (Saddam Gaffar 74').

Qatar U-19: Youssef Balideh (PG); Abdalla Yousif, Mostafa Kadira, Mohammad Azadi, Balal Elsadig, Naif Alhadarhami, Diyab Taha, Ali Nasser Al Marri, Ali Surag, Mohammed Al Mehairi, Hadi Ali Tabasideh.