Janji PSSI dan PT Liga ke Klub, Upayakan Liga 1 Lanjut November 2020

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita
Sumber :
  • liga-indonesia.id

VIVA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 dan Liga 2 langsung berkirim surat kepada klub-klub. Langkah ini untuk menindaklanjuti keputusan PSSI menunda kembali bergulirnya kompetisi sepakbola Indonesia.

Sedianya Liga 1 dan Liga 2 akan digulirkan kembali pada Oktober 2020. Namun, izin keramaian dari kepolisian tidak berhasil didapatkan. Pandemi COVID-19 yang masih tinggi di Indonesia jadi pertimbangan.

Baca juga: Klub Liga 1 Bisa Bangkrut, PSSI dan PT LIB Wajib Tanggung Jawab

Keputusan tersebut tentu mengecewakan beberapa klub Liga 1 dari luar Pulau Jawa dan klub Liga 2 yang sudah tiba di lokasi tempat bertanding. Belum lagi mereka sudah mengeluarkan biaya persiapan dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam surat PT LIB yang ditandatangani Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur Utama, poin kelima meminta semua pihak untuk bersabar. Mereka memaklumi jika keputusan ini berdampak besar.

"Akibat penundaan yang terjadi, PSSI dan LIB memahami hal tersebut akan berdampak kepada seluruh stakeholder dan ekosistem sepakbola, baik pemain, pelatih, ofisial, perangkat pertandingan, dan lain-lain. Oleh karena itu kami meminta agar kepada seluruh pihak bisa berdoa, bersabar, dan tetap selalu menjaga protokol kesehatan dengan ketat dengan harapan agar pandemi ini segera berakhir."

Selanjutnya PSSI dan PT LIB berjanji kepada klub-klub akan terus berupaya membuat penundaan ini cuma sebulan saja. Sehingga pada November 2020, kompetisi sudah bisa digulirkan kembali.

"PSSI dan LIB telah menyampaikan dan terus berkoordinasi kepada jajarn POLR dan MENPORA agar penundaan tidak dilakukan lebih dari satu bulan dan dapat digulirkan kembali pada bulan November dengan pertimbangan jadwal kompetisi yang padat di tahun depan serta agenda-agenda internasional yang perlu dipersiapkan."