Blunder Fatal PSSI Klaim Marc Klok Sah Jadi WNI, Eh Diralat

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Marc Klok
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Ada-ada saja kesalahan yang dibuat PSSI. Federasi sepakbola Indonesia itu dalam website resminya menyatakan gelandang Persija Jakarta, Marc Klok telah resmi jadi WNI. 

Parahnya lagi, hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule dalam rilis berjudul "Sah Jadi WNI, PSSI Berharap Marc Klok Tambah Kekuatan Timnas Indonesia' mengaku senang setelah Klok ditetapkan sebagai WNI.

"PSSI ikut senang Marck Klok telah sah menjadi warga negara Indonesia. Tentu ini hal yang positif bagi PSSI karena Klok bisa saja dipanggil memperkuat Timnas.

"Klok merupakan pemain hebat, dia sudah menunjukkan talentanya saat bermain di beberapa liga di Eropa, lalu PSM Makassar dan saat ini bermain di Persija Jakarta,” imbuhnya.

Baca Juga: Pengakuan Model Seksi AS Menikah dengan Maniak Seks Dennis Rodman

Namun nyatanya, Klok belum resmi menjadi WNI. Pemain berdarah Belanda itu cuma baru mandapat persetujuan dari Menkumham Yasonna Laoly.

Itu disampaikan dalam rapat kerja virtual bersama Komisi III DPR RI, Kemenpora, Ketua Umum PSSI, serta Ketua Umum PB Perbasi, Senin 5 Oktober 2020.

"Pemerintah RI mendukung pemberian kewarganegaraan RI yang dimohonkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga atas nama Brandon Van Dorn Jawato, Kimberly Pierre-Louis, Lester Prosper, serta Marc Anthony Klok," ujar Menkumham Yasonna dalam keterangan pers.

Artinya, proses naturalisasi Klok yang sempat mandek mendapatkan lampu hijau. Gelandang 27 tahun itu bersama tiga pebasket Van Dorn Jawato, Kimberly Pierre-Louis dan Lester Prosper akan menjalani beberapa prosedur lagi. Salah satunya adalah mengucap sumpah dan janji setia.

Kesalahan ini sepertinya disadari PSSI. Mereka meralat dan menyatakan mantan pemain PSM Makassar itu selangkah lagi resmi jadi WNI dalam rilis berjudul 'Proses Naturalisasi Marc Klok Disetujui Pemerintah'. Uniknya, yang kembali berkomentar adalah sang Ketua Umum.

"PSSI ikut senang Marck Klok selangkah lagi menjadi warga negara Indonesia. Tentu ini hal yang positif bagi PSSI karena Klok bisa saja dipanggil memperkuat timnas Indonesia. Klok merupakan pemain hebat, dia sudah menunjukkan talentanya saat bermain di beberapa liga di Eropa, lalu PSM Makassar dan saat ini bermain di Persija Jakarta,” kata Iriawan.

Baca Juga: Mengerikan, Kegilaan 3 Atlet Dunia Ini Pernah Tiduri Ribuan Wanita

Iriawan menambahkan bahwa saat ini PSSI lebih selektif untuk menyetujui program naturalisasi. “Kami tidak sembarangan mengajukan proses naturalisasi. Pemain yang benar-benar memiliki skill, teknik serta attitude yang mumpuni dan bisa menambah kekuatan timnas Indonesia yang akan diajukan proses naturalisasi oleh PSSI,” ujarnya

Sementara Klok sangat senang proses naturalisasinya tinggal selangkah lagi. Pasalnya, menjadi WNI memang sudah lama ia impikan. Selanjutnya, Klok bertekad untuk masuk Timnas Indonesia.

"Saya merasa senang, semua proses yang sudah dilakukan bisa berjalan dengan lancar. Selama ini, saya menikmati bisa bermain di Liga Indonesia serta tertarik juga dengan kultur budaya Indonesia yang dikenal dengan keramahannya. Saya berharap memperkuat dan meraih prestasi bersama timnas Indonesia," ujar Klok.