LIB Bongkar Penyebab Utama Polri Tak Izinkan Liga 1 2020 Bergulir

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita (kiri) dan Sudjarno
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA – PT Liga Indonesia Baru memutuskan menggelar lanjutan Liga 1 2020 pada Februari 2021. Keputusan tersebut tertuang pada surat bernomor 394/LIB-KOM/XI/2020 yang telah disebar kepada seluruh klub peserta.

LIB dan PSSI sebelumnya menentukan 1 Oktober sebagai jadwal kick off lanjutan Liga 1. Namun, rencana itu urung terwujud karena tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian.

Salah satu alasan tak keluarnya izin dari Polri karena adanya agenda besar politik yakni Pilkada 2020. Bahkan, pihak Polri menyatakan bahwa mereka tidak akan mengeluarkan izin selama Pilkada berlangsung.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengatakan ada beberapa faktor lain yang membuat Polri tak mau memberikan izin.

Hal utama adalah kekhawatiran akan banyaknya pemain-pemain yang terjangkit virus Corona COVID-19. "Kemarin itu kan pertimbangannya takut ada klub yang pemainnya banyak terpapar (COVID-19)," kata Lukita kepada pewarta, Rabu 11 November 2020.

"Nantinya akan menurunkan kualitas. Kalau kondisinya begitu menjadi nggak fair kompetisinya," sambungnya.

Di sisi lain, pada lanjutan Liga 1 2020 nanti akan ada sejumlah perubahan. Yang paling mencolok adalah tidak akan ada tim yang terjerembab ke degradasi. 

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya

LIB menghapus aturan sebelumnya yakni tiga tim terbawah harus mutasi ke Liga 2 musim depannya. Keputusan ini mendapatkan respons berbeda di kalangan pecinta sepakbola nasional. 

Ada kekhawatiran bahwa Liga 1 2020 jadi tak bergengsi. Sebabnya, klub-klub tak lagi memikirkan lagi ancaman untuk turun kasta. Toh, aturan tersebut tidak berlaku saat ini.