Cara Bos Persib Hilangkan Stres, Jualan Ikan Hias

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar.
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

VIVA – Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar, mempunyai kesibukan baru di tengah libur kompetisi Liga 1. Pria berusia 72 tahun ini memiliki bisnis anyar yakni berjualan ikan hias jenis arwana super red.

Bisnis yang baru Umuh rintis awalnya hanya coba-coba untuk mengisi waktu luang. Namun, karena peminat arwana naik signifikan, Umuh berpikir untuk membudidayakan ikan tersebut dan menjualnya.

Dia tak menampik, ada keterlibatan cucunya dalam mengembangkan bisnis anyarnya itu. Umuh mengaku, telah menjalani bisnis tersebut sejak awal pandemi COVID-19, lebih tepatnya pada April 2020.

"Awalnya, coba-coba. Terus banyak juga yang beli, jadi sama cucu bilang bagus prospeknya. Tadinya laku 1-2 sampai lima, terus saja banyak, jadi ya sudah beli banyak dan dijual lagi," ujar Umuh kepada wartawan.

Bisnis ikan arwana, kata Umuh, memang tergolong mahal. Untuk satu ekornya saja, ikan arwana bisa tembus dengan harga jutaan rupiah.

"Ini yang kecil saja Rp4 juta, beli dari Bogor. Rencana harus ada 150 ekor," ucapnya.

Umuh mengatakan, ada kepuasan tersendiri ketika memelihara ikan arwana. Menurutnya, kehadiran ikan arwana di kediamannya mampu membantu meringankan tingkat stres di tengah pandemi COVID-19.

"Ya bisa menghilangkan stres juga. Jadi tempat nongkrong saya juga sekarang ini. Tidak menutup kemungkinan, kalau berjalan bagus, ingin nambah jenis ikan lain," katanya.