Persiapan Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia Hadapi Afghanistan

Timnas Senior Indonesia
Sumber :
  • Riki Ilham Rafles, Dok. PSSI

VIVA – Timnas Indonesia dijadwalkan menjalani laga uji coba melawan Afghanistan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada 25 Mei 2021.

Laga ini menjadi persiapan Timnas Indonesia tampil di sisa pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuad Garuda masih tampil tiga kali lagi. Terdekat, Stefano Lilipaly cs akan menghadapi Thailand pada 3 Juni 2021.

Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita mengatakan, laga uji coba itu sudah sesuai dengan roadmap dari Shin Tae-yong. 

Oleh karena itu, Maaike menyebut tidak ada kekhawatiran meskipun hari pertandingan berdekatan dengan laga melawan Thailand.

"Kalau itu sudah berdasarkan roadmap dari pelatih Shin. itu semua sudah dimasukkan ke dalam schedule. Sepertinya masalah mepet itu sudah diperhitungkan dari pelatih kepala," kata Maaike kepada wartawan, Jumat 9 April 2021.

Setelah melawan Thailand, Indonesia akan menghadapi Vietnam 7 Juni, dan Jumat 11 Juni menjajal tuan rumah UEA.

PSSI berharap timnas meraih hasil terbaik pada ketiga pertandingan itu walaupun sudah tidak menentukan nasib Indonesia karena selalu kalah dalam lima pertandingan terdahulu.

Sementara itu, manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat ini masih berada di Korea Selatan. Dia memilih pulang ke kampung halamannya untuk menjalani masa pemulihan usai terkena virus Corona COVID-19.

Shin Tae-yong berencana pulang pada 2 Mei 2021 mendatang. PSSI saat ini sedang melakukan persiapan kembalinya Tae-yong, mengingat situasi saat ini masih pandemi COVID-19.

"Kondisi Shin Tae Yong Alhamdulillah sudah recovery, sudah sehat. Kami menunggu kabar kedatangannya, Belum tahu kapan, kami belum bisa konfirmasi ke media," kata Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita.

"Kami harus diskusi internal dulu untuk kepulangannya.  Karena di tengah kendala COVID-19 seperti sekarang, kan harus ada  karantina dulu dengan segala macam jadi kita persiapkan sebaik mungkin," jelasnya.